Diduga Akibat Pungli, Jiarah di Pekuburan Putri Lopian Sepi

Diduga Akibat Pungli, Jiarah di Pekuburan Putri Lopian Sepi

382
0
BERBAGI

Dairi, (Warta Viral) -Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya pada hari paskah seluruh areal pekuburan Kristen di jalan Putri Lopian tampak selalu di hiasi gemerlap kilau cahaya lilin saat Buhabuha Ijuk (Jiarah subuh sambil menyalakan lilin di kuburan-red).

Dan ramai di penuhi oleh pengunjung dari berbagai pelosok kota Sidikalang ataupun dari daerah lainnya yang sengaja datang mengunjungi untuk menyalakan lilin di makam keluarga atau sanak saudaranya.

Namun hari ini, Minggu 17/4/2022, pejiarah yang datang ke lokasi Pekuburan Putri Lopian jalan sakti kecamatan Sidikalang , terlihat sangat sepi berbanding jauh dari tahun-tahun sebelumnya.Jika tahun sebelumnya , mulai pukul 4 : 00 – wib ,areal pemakaman sudah tampak di penuhi oleh pejiarah dan makam-makam sudah di penuhi kilaun cahaya lilin di makam keluarga masing-masing.

Namun kali ini drastis berubah, pantauan media ini mulai pukul 5 : 00 – wib , situasi di pemakaman tampak sangat sepi, cahaya lilin hanya terlihat di beberapa kuburan yang di jaga oleh keluarganya.

Serta terlihat juga dengan jelas banyak kuburan yang tidak di terangi oleh cahaya lilin karena tidak di jaga oleh keluarganya dan bahkan hingga waktu menunjukkan pukul 6 : 00 – wib , pejiarah tak kunjung ramai.Sepinya pejiarah Buhabuha Ijuk di akui juga oleh para pejiarah lainnya , seorang diantaranya mengatakan jika tahun ini pejiarah subuh sepi sangat beda jauh dengan tahun lalu

“Biasanya kalau buhabuha ijuk seperti ini , kuburan ini sangat ramai bahkan kadang kendaran sampai macet akibat banyaknya pejiarah yang datang , kuburan di penuhi Cahaya lilin di mana-mana, lagu pujian-pujian terdengar di mana-mana, tetapi sekarang dah sepi ” lirih seorang pejiarah .

lalu tambahnya lagi,”mungkin ini ada kaitannya dengan uang pungutan sehingga mereka tidak datang karena tidak punya duit atau karena tidak mau bayar ” sebutnya.

Sekedar untuk di ketahui, jiarah subuh, penyalaan lilin dan ibadah subuh di pekuburan (buha Buha Ijuk )bagi penganut Kristen adalah mengadopsi yang tertulis di Alkitab ketika Maria Magdalena mengetahui kabar Yesus Kristus telah bangkit dari kubur dimana Maria berlari ke kuburan untuk memastikan peristiwa kebangkitan Yesus dari kematian.bagi kaum Nasrani kebangkitan Tuhan Yesus dari alam maut bukanlah sekedar kebangkitan daging melainkan sebagai bukti kemenangan Yesus mengalahkan maut.

Di perkirakan peristiwa ini di adopsi oleh Gereja HKBP (Huria Kristen Batak Protestan) yang merupakan salah satu sekte kesukuan dengan istilah ” Buha buha Ijuk ” hingga saat ini.(di kutip dari sumber).cahaya lilin tak lagi seterang cahaya tetapi redup di terpa sepi. ( Kris )

TIDAK ADA KOMENTAR

Comments are closed.