Ukraina Tandatangani Ikut Bergabung Jadi Anggota Uni Eropa

Ukraina Tandatangani Ikut Bergabung Jadi Anggota Uni Eropa

251
0
BERBAGI
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy menandatangani permintaan resmi agar Ukraina bergabung dengan Uni Eropa..

WARSAW, (Warta Viral) – Presiden delapan negara Eropa tengah dan timur pada Senin meminta negara-negara anggota Uni Eropa untuk segera memberikan status negara calon Uni Eropa kepada Ukraina dan membuka pembicaraan keanggotaan menurut surat terbuka yang diterbitkan pada Senin,(28/2/2022).

“Kami, Presiden negara-negara anggota UE: Republik Bulgaria, Republik Ceko, Republik Estonia, Republik Latvia, Republik Lituania, Republik Polandia, Republik Slovakia, dan Republik Slovenia dengan kuat. percaya bahwa Ukraina layak menerima perspektif aksesi UE segera,” kata surat itu.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy menandatangani permintaan resmi agar Ukraina bergabung dengan Uni Eropa, dengan Perdana Menteri Denys Shmygal (kanan) dan Ketua Parlemen Ruslan Stefanchuk berdiri di sampingnya, di Kyiv, Ukraina, pada hari Senin 28 Februari 2022.

Kendati optimistis dan dalam situasi digempur Rusia, Ukraina disebut tidak akan langsung menjadi anggota Uni Eropa.

Proses pengajuan keanggotaan bisa memakan waktu bertahun-tahun dan mesti memenuhi syarat-syarat tertentu.

Sejarah Uni Eropa

Uni Eropa merupakan perserikatan 27 negara di Eropa, dan merupakan salah satu organisasi internasional terbesar di dunia.

Pembentukan Uni Eropa berawal dari peperangan yang dilakukan oleh negara-negara Eropa di masa lampau, yang terbesar adalah Perang Dunia I dan II.

Melansir situs resmi Uni Eropa (europa.eu) dari, setelah Perang Dunia II, sejumlah negara di Eropa berdamai dan memutuskan untuk bekerja sama.

Awalnya, sejumlah upaya yang dilakukan untuk membentuk organisasi beranggotakan negara-negara Eropa gagal. Kegagalan itu menyebabkan sejumlah negara kecewa.

Selanjutnya, pada tahun 1952, enam negara yang kecewa membentuk European Coal and Steel Community, Komunitas Batu Bara dan Besi Eropa. (Rekson Pasaribu)

TIDAK ADA KOMENTAR

Comments are closed.