Calon Panglima TNI Bergelimangan Harta Rp179 Milyar

Calon Panglima TNI Bergelimangan Harta Rp179 Milyar

162
0
BERBAGI
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa

Jakarta, (Warta Viral) – Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi I DPR RI hari ini, Sabtu (6/11/2021).

Andika adalah menjadi calon tunggal untuk mengganti posisi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan mengakhiri masa baktinya pada akhir November.

Andika menjadi calon tunggal yang diserahkan Presiden Joko Widodo melalui Mensesneg Pratikno yang diserahkan kepada DPR melalui Surat Presiden (Surpres) bernomor R-50/Pres/10/2021.

Andika sebelum menjadi Panglima TNI diketahui bergelimangan harta yang terdiri dari harta bergerak dan tak bergerak sebesar Rp179.996.172.019,-.

Hal itu diketahui Dalam LHKPN, perwira bintang empat itu mempunyai 20 bidang tanah dan bangunan yang tersebar baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Dari 20 bidang tanah dan bangunan yang ia punya, 19 di antaranya berstatus hibah tanpa akta. Hanya ada satu tanah di Bogor, Jawa Barat, yang merupakan kepunyaan Andika sendiri dengan luas 1.000 meter persegi (m2) dengan taksiran nilai Rp500 juta.

Sementara sisa aset yang nilainya mencapai Rp37.664.250.000 tersebar di Jakarta, Bogor, Cianjur, Bandar Lampung, Surabaya, Sleman, Bantul, Tabanan, Australia, hingga Amerika Serikat merupakan hasil hibah tanpa akta.

Tanah dan bangunan milik Andika yang berada di luar negeri dengan status hibah tanpa antara lain, bangunan seluas 76 m2 di Australia senilai Rp1,5 miliar; tanah dan bangunan seluas 2.223 m2/2.736 m2 senilai Rp4,5 miliar; tanah dan bangunan seluas 4.875 m2/4.832 m2 senilai Rp5 miliar; dan tanah dan bangunan seluas 6.248 m2/6.248 m2 senilai Rp5,5 miliar di AS.

Sebelum menjadi Panglima TNI, Andika Perkasa adalah Kepala Staf Angkatan Darat yang menjabat sejak 22 November 2018 dan merupakan lulusan Akabri tahun 1987.

Sebelumnya, dia menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat.

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid menyatakan segala persyaratan dokumen calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dinyatakan lengkap.

Proses verifikasi tersebut diketahui dilakukan sebagai syarat sebelum Andika menjalani tes uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) dengan Komisi I.

Adapun sejumlah berkas yang diverifikasi yakni, data riwayat hidup, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT), dan Surat Keterangan Bersih Diri/Sehat (SKBD).

Andika disebut telah melaporkan LHKPN pada Juni 2021. Lalu, melaporkan pajak terakhir pada 20 Juni 2021.

Andika kata Meutya juga berbadan sehat, baik jasmani dan rohani sesuai keterangan dokter dengan hasil PCR negatif. “Dengan demikian lengkap verifikasi administrasi,” katanya.

Andika menjalani proses fit and proper test. Disusul dengan pendalaman lewat Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU), yang dihadiri langsung Andika pada Sabtu (6/11).

Kemudian sehari setelahnya, pada Minggu (7/11), Komisi I DPR akan mendatangi kediaman Andika untuk melakukan proses verifikasi faktual. (Rekson)

TIDAK ADA KOMENTAR

Comments are closed.