Polisi Australia Tangkap 450kg Heroin Asal Malaysia

Polisi Australia Tangkap 450kg Heroin Asal Malaysia

112
0
BERBAGI
Heroin asal Malasya

Melbourne, (Warta Viral) – Polisi Australia telah mengumumkan penyitaan pengiriman heroin terbesar yang pernah tercatat di negara itu, senilai sekitar A$140 juta (£76 juta; $104 juta).

Pihak berwenang mengatakan pengiriman, yang beratnya 450kg, termasuk 1.290 paket heroin dengan merek merah yang unik.

Penyitaan dilakukan di Port of Melbourne – pelabuhan terbesar di Australia – pada 29 September.

Kantor mengatakan mereka menangkap seorang pria Malaysia setelah hasil tangkapan besar ditemukan di sebuah wadah ubin keramik.

Dia kemudian didakwa dengan impor dan percobaan kepemilikan sejumlah komersial obat yang dikendalikan perbatasan. Dia bisa menghadapi hukuman hingga penjara seumur hidup.

Pengujian zat dalam paket menunjukkan itu adalah heroin.

Pengiriman tersebut berasal dari Malaysia dan ditujukan untuk sebuah bisnis yang berlokasi di Melbourne. Beberapa lokasi kemudian digerebek di ibu kota negara bagian Victoria.

Penjabat Asisten Komisaris Krissy Barrett dari Polisi Federal Australia mengatakan penemuan itu terjadi berkat kerja sama yang erat antara pasukan polisi internasional.

“Kami memiliki hubungan yang kuat dengan Kepolisian Kerajaan Malaysia (RMP) dan khususnya Departemen Reserse Kriminal Narkotika RMP,” katanya.

“Kami terus bekerja sama dalam mengidentifikasi dan mengganggu sindikat kejahatan terorganisir transnasional yang berusaha merugikan kedua negara kami dan menghasilkan jutaan dolar keuntungan dari kegiatan kriminal.”
Komisaris Barrett menambahkan bahwa polisi memperkirakan bahwa mereka telah menyelamatkan satu nyawa untuk setiap dua kilogram obat yang dikeluarkan dari peredaran di masyarakat Australia.

“Penting untuk dicatat bahwa selain penangkapan yang dilakukan, hasil utama dari operasi ini adalah menyelamatkan sekitar 225 nyawa” katanya.

Pada tahun 2019, pihak berwenang melakukan penggerebekan yang lebih besar, ketika mereka menemukan sejumlah besar metamfetamin senilai sekitar A$1,2 miliar (£660 juta, $840 juta) yang disembunyikan di dalam speaker stereo di pelabuhan Melbourne. Sekitar 37 kg heroin juga ditemukan dalam penggerebekan itu. (Rekson)

TIDAK ADA KOMENTAR

Comments are closed.