Anies Diminta Kembalikan APBD Rp983,31 Miliar Formula E

Anies Diminta Kembalikan APBD Rp983,31 Miliar Formula E

225
0
BERBAGI
Karikatur Anies Baswedan

Jakarta, (Warta Viral) – Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, Hardiyanto Kenneth mempersilakan Gubernur Anies Baswedan melibatkan pihak swasta untuk pembayaran uang komitmen fee penyelenggaraan balapan mobil listrik formula E.

“Silakan Anies bekerjasama dengan pihak swasta untuk membayar komitmen fee Formula E. Tapi jangan lupa, tolong dikembalikan dulu uang down payment sebesar Rp983 miliar yang sudah disetor ke FEO ke rekening Pemprov DKI Jakarta yang di setor pada tahun 2019 dan 2020,” minta Hardiyanto Kenneth dalam keterangannya, Jumat (17/9).

Jangan membuat opini seakan-akan bahwa pihak swastalah yang akan membayar komitmen fee balapan mobil listrik Formula E, dan melupakan komitmen fee memakai uang negara yang sudah disetor diawal ke FEO sebesar 53 juta poundsterling Inggris atau setara Rp983,31 miliar pada tahun 2019-2020.

Padahal, Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) DKI Jakarta sudah merinci pembayaran fee yang telah dilakukan Pemprov DKI terkait penyelenggaraan Formula E. Tahun 2019, Pemprov DKI telah membayarkan fee senilai GBP 29 juta atau setara Rp 360 miliar.

Kemudian, pada 2020, Pemprov DKI kembali membayarkan fee senilai GBP 11 juta atau setara dengan Rp 200,31 miliar.

Selain itu, BPK menilai belum ada kejelasan soal pembagian pendanaan yang bisa membebani APBD DKI. Pasalnya satuan kerja Pemprov DKI juga diidentifikasi ikut dalam aktivitas penyelenggaraan Formula E, baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan demikian, otomatis alokasi biaya jadi beban APBD.

“Dengan pendanaan kegiatan Formula E musim 2019/2020 yang seluruhnya masih dibiayai oleh APBD Pemprov DKI Jakarta, baik melalui anggaran Dispora maupun melalui PMD kepada PT Jakpro, maka beban pembiayaan kegiatan Formula E tersebut masih sangat bergantung pada dana APBD Provinsi DKI Jakarta,” demikian isi hasil BPK. (Wilson/son)

TIDAK ADA KOMENTAR

Comments are closed.