Prancis : Musuh No 1 Pemimpin Tertinggi ISIS Sudah Tewas

Prancis : Musuh No 1 Pemimpin Tertinggi ISIS Sudah Tewas

107
0
BERBAGI

Paris, (Warta Viral) – Pemimpin tertinggi ISIS di Afrika Barat Adnan Abu Walid al-Sahrawi telah meninggal dibunuh oleh pasukan Prancis dalam serangan drone di Mali selatan, Kamis (16/9/2021).

Dia telah mengaku bertanggung jawab atas kematian empat tentara Amerika dalam serangan tahun 2017 di negara Afrika, Niger.

Adnan Abu Walid al-Sahrawi pernah menjadi separatis di Sahara Barat, tetapi dia pindah ke selatan ke Mali dan Niger, di mana dia menjadi bersekutu dengan al-Qaida.

Pada 2015, Sahrawi berjanji setia kepada ISIS di Irak dan Suriah. Dan pada tahun 2017, dia mendapatkan ketenaran di seluruh dunia ketika dia mengaku bertanggung jawab atas penyergapan di Niger yang menewaskan empat tentara Amerika.

AS menetapkannya sebagai teroris global dan memberikan hadiah $ 5 juta untuk kepalanya. Dan ketika kekerasan meningkat di Sahel, Prancis juga menyatakannya sebagai musuh No. 1.

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan, pembunuhan Adnan Abu Walid al-Sahrawi sebuah keberhasilan besar dalam perang Prancis melawan teroris.

“Ini adalah kesuksesan besar lainnya dalam perjuangan kami melawan kelompok teroris di Sahel,” Macron mengumumkan dalam tweet berbahasa Prancis, yang dikutif Warta Viral, pada hari Jumat (17/9/2021).

Jadi seorang pemimpin teroris besar telah pergi, katanya, tetapi kekerasan, yang telah menewaskan ribuan orang di Mali, Burkina Faso dan Niger, kemungkinan besar akan terus berlanjut.

Prancis menyatakan pembunuhan itu sebagai kemenangan besar melawan jihadis di Afrika dan pembenaran selama bertahun-tahun upaya anti-ekstremis di Sahel. Pejabat pemerintah Prancis menggambarkan al-Sahrawi sebagai “musuh No. 1” di wilayah tersebut. (Rekson)

TIDAK ADA KOMENTAR

Comments are closed.