Amrullah Saleh dan Massoud Masih Berjuang Dari Dalam Panjshir

Amrullah Saleh dan Massoud Masih Berjuang Dari Dalam Panjshir

110
0
BERBAGI
Photo: Ahmad Massoud (tengah) dengan Amrulla Saleh (kanan) di Lembah Panjshir.

Panjshir, Afghanistan, (Warta Viral) – Duta Besar Afghanistan di Dushanbe Mohammad Zahir Akbar mengatakan bahwa mantan wakil presiden Afghanistan Amrullah Saleh untuk sementara melakukan tugas presiden.

Mantan wakil presiden Afghanistan, Amrullah Saleh, untuk sementara menjalankan tugas kepala negara dan tetap di Provinsi Panjshir, kata duta besar Afghanistan di Dushanbe, Mohammad Zahir Akbar, pada konferensi pers pada hari Rabu, (8/9/2021).

“Amrulah Saleh untuk sementara menjalankan tugas presiden dan tinggal di Panjshir,” katanya.

Menurut Konstitusi, diplomat itu mengingat, jika presiden meninggalkan jabatannya karena alasan tertentu, wakilnya mengambil alih.

Dubes mengatakan bahwa dia mewakili kepemimpinan negaranya yang dipimpin oleh Saleh.

“Di Tajikistan, saya mewakili Afghanistan dan Amrullah Saleh, yang menjalankan tugas presiden negara itu,” katanya.

Menyangkal klaim bahwa pemimpin Panjshiri Ahmad Shah Massoud dan mantan wakil presiden Afghanistan Amrullah Saleh telah meninggalkan Afghanistan di tengah serangan Taliban, duta besar pemerintah Afghanistan yang digulingkan untuk Tajikistan menyatakan bahwa pasukan perlawanan masih memerangi Taliban di Panjshir.

“Ahmad Massoud dan Amrullah Saleh belum melarikan diri ke Tajikistan. Kabar bahwa Ahmad Massoud telah meninggalkan Panjshir tidak benar; dia ada di dalam Afghanistan,” kata Zahir Aghbar.

“Saya terus berhubungan dengan Amrullah Saleh, yang saat ini berada di Panjshir dan menjalankan pemerintahan Republik Islam Afghanistan,” katanya.

Dalam komunike terbaru, Massoud menuduh Taliban menyerang bahkan ketika mereka siap untuk menyetujui gencatan senjata.

Dia bersumpah untuk terus berjuang, mendesak warga Afghanistan untuk bergabung dalam pertempuran mereka melawan Taliban dan mengecam komunitas internasional karena memberi Taliban sebuah platform dengan membuka negosiasi dengan mereka. (Rekson)

TIDAK ADA KOMENTAR

Comments are closed.