Ketua Dekranasda Dairi Hadiri Ultah Dekranasda ke-41 di Medan

Ketua Dekranasda Dairi Hadiri Ultah Dekranasda ke-41 di Medan

368
0
BERBAGI

Dairi, (Warta Viral) – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Dairi  Romy Mariani Eddy Berutu hadir dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-41 Dewan Kerajinan Nasional Rabu 3/3/21, di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara yang di lanjutkan dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas pada Kamis (4/3/2021) secara virtual .

Rangkaian Ke dua acara tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Dekranasda Sumatera Utara Ny. Nawal Edy Rahmayadi bersama dengan para Ketua Dekranasda se-kawasan Danau Toba.

Dalam perayaan HUT Ke 41, Ketua Dekranasda Sumatera Utara menuturkan hari ulang tahun Dekranas ke-41 harus menjadi momentum peningkatan taraf hidup bagi perajin khususnya yang ada di Sumatera Utara.Di usia Dekranas yang ke-41 merupakan simbol perjalanan panjang dan telah banyak upaya yang dilakukan Dekranas sebagai lembaga handal dalam mendukung kemandirian ekonomi perajin Indonesia.

“Di usia ke-41, Dekranas harus dapat selalu menjadi wadah dan penerapan protokol kesehatan pada perajin, agar segera bangkit dalam upaya peningkatan taraf hidup perajin,” ujar  Nawal Edy Rahmayadi.

Sementara itu ,Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Wury Ma’ruf Amin mengharapkan dengan bertambahnya umur, Dekranas harus kian dirasakan masyarakat perannya.

“Bersyukur kita Dekranas bisa menginjak usia 41 tahun, semoga semakin produktif, semakin besar perannya pada bangsa dan Negara Kesatuan Repulik Indonesia, saya ucapkan selamat ulang tahun ke-41 Dekranas, perajin sehat, perajin hebat, Indonesia maju,” ujar Ketua Dekranas.

Dia mengatakan, berbagai program telah di dedikasikan Dekranas. berbagai kegiatan pun telah dilaksanakan, di antaranya pembinaan pada perajin di lima destinasi super prioritas, seperti Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

Sementara itu dalam kegiatan Rakernas Dekranas yang dilaksanakan secara virtual, Kamis (4/3/2021), Ketua Dekranasda Sumatera Utara menyampaikan bahwa saat ini perajin di kawasan Danau Toba menjadi fokus utama, mengingat Danau Toba telah dinobatkan menjadi salah satu destinasi super prioritas Indonesia. Beliau sampaikan dalam menangkap momen tersebut, Dekranasda Sumatera Utara harus bergerak cepat melakukan pembinaan perajin di kawasan Danau Toba yang memiliki tenun ulos dan gorga Batak yang bisa dipasarkan, sehingga kriya asal Sumut mendunia, perajin sejahtera, Sumut pun Bermartabat.

“Kita akan melakukan penguatan dan pembinaan perajin di kawasan Danau Toba dalam rangka pengembangan kriya (kerajinan), kemudian juga akan kita lakukan promosi menggunakan digitalisasi atas produk-produk UMKM kriya unggulan, tak hanya itu Dekranasda Sumut akan meningkatkan kerja sama dengan pihak penerbangan, hotel , restoran dan influencer untuk promosi produk,” tambahnya

Tak lupa dia menghimbau, agar seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota yang di Sumut menggunakan pakaian motif daerahnya masing-masing, dengan tetap mempedomani peraturan perundang-undangan yang berlaku. (Kris)

TIDAK ADA KOMENTAR

Comments are closed.