Bupati Dairi Buka Kegiatan Jempol Perdana di Desa Bintang

Bupati Dairi Buka Kegiatan Jempol Perdana di Desa Bintang

193
0
BERBAGI

Dairi, (Warta Viral) – Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu secara resmi membuka kegiatan Perdana pelayanan Jemput Bola (Jempol) Administrasi Kependudukan (Adminduk) Tahun 2021 di Desa Bintang Kecamatan Sidikalang, Selasa (02/03/2021).

Acara tersebut di hadiri oleh Kepala Dinas Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si, Camat Sidikalang Robot Simanullang, SAB, MAB, Kepala Desa Bintang Aladin Sinaga dan seluruh perangkat Desa Bintang.beserta staf Disdukcapil Dairi

Bupati menyebutkan Kegiatan Jemput Bola (Jempol) merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Dairi  dalam meningkatkan pelayanan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Dairi, sebagai tindaklanjut amanat Undang – Undang No. 24/2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang No.3/2006 tentang Administrasi Kependudukan.

Peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat khusus Administrasi Kependudukan adalah mutlak dilakukan agar pemenuhan identitas penduduk bagi setiap penduduk melalui penerbitan dokumen kependudukan dapat dilakukan secara cepat dan tepat.

”Hak – hak masyarakat dapat diberikan sebagai Warga Negara apabila dokumen administrasinya lengkap. Apabila tidak lengkap, maka akan kehilangan akan hak-hak itu. Hak-hak itu bukan hak sekarang saja, tapi merupakan hak-hak masa depan. Hal ini menjadi sangat penting bagi kita semua, sebagai warga negara yang modern.

Hak-hak tersebut tercermin dalam dokumen negara yang diterbitkan oleh pemerintah untuk setiap warga negara”, jelasnya.

“Hak-hak terus berkembang sesuai dengan perkembangan keluarga kita dan sesuai perkembangan zaman dan kebutuhan zaman. Oleh karena itu, data-data tersebut harus selalu dikinikan/diupdate, dirubah karena anak lahir, anak kawin, pekerjaan berubah dan sebagainya.

Fasilitas dan perhatian pemerintah akan disesuaikan dengan kondisi pada saat itu, jadi identitas ini sangat penting sekali . Apabila kita tidak punya identitas, kita akan kesulitan untuk mendapatkan bantuan. Oleh karena itu, penting sekali kesadaran masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukannya”, tutur Bupati.

Lebih lanjut, Bupati juga bertekad sejak memimpin Kabupaten Dairi, dalam janjinya akan membereskan dan melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, salah satunya melalui pelayanan jempol. Tahun 2020 telah dituntaskan kunjungan jempol sebanyak 30 desa dan tahun ini ditargetkan sebanyak 43 Desa dengan harapan dapat menjangkau seluruh masyarakat di Dairi.

Dikesempatan yang sama, Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si menjelaskan maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan jempol adalah untuk pemenuhan kepemilikan identitas penduduk bagi setiap pendudukan melalui penerbitan dokumen kependudukan secara cepat dan tepat khususnya di Desa Bintang, Kecamatan Sidikalang, untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan dan untuk mencapai target cakupan kepemilikan dokumen kependudukan di Kabupaten Dairi.

Camat Sidikalang, Robot Simanullang,SAB, MAB, dalam sambutannya dihadapan Bupati Dairi dan Masyarakat Desa Bintang meminta untuk mendukung pelaksanaan kegiatan Jemput Bola yang dilakukan Dinas Dukcapil Dairi yang dilaksanakan pada hari ini.

“Dokumen yang telah selesai diproses dan nantinya diterima masyarakat agar dipergunakan semaksimal mungkin, dijaga, disimpan dengan baik dan tidak disalahgunakan. Banyak masyarakat yang lalai dengan Administrasi Kependudukan. Harapan kita, kedepan tidak ada lagi masyarakat sidikalang yang tidak memiliki dokumen kependudukan”, ujar Camat Sidikalang.

Lebih lanjut, Camat Sidikalang juga menginformasikan kepada seluruh masyarakat Desa Bintang yang hadir bahwa pelayanan Dokumen Kependudukan sudah dapat dilakukan di Kantor Camat Sidikalang termaksud dalam pencetakan KTP.

Kepala Desa Bintang Aladin Sinaga dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bupati Dairi dalam kegiatan Jemput Bola di Desa Bintang, dimana Desa Bintang selalu menjadi Desa yang terpilih dibeberapa event penting di tingkat Kabupaten seperti Launching BLT Dana Desa pertama di Kabupaten Dairi, TPA, program 100 hari Bus sekolah dan pada hari ini kegiatan Jemput Bola atau Jempol.

Kades Bintang juga menambahkan dalam sambutannya, sebagai tindaklanjuti dari pelayanan “Jempol”, dalam minggu ini akan diutus Kasi Pemerintahan untuk belajar aplikasi perkebbas sehingga Masyarakat Desa Bintang akan dapat dilayani di Kantor Desa dalam urusan Administrasi Kependudukan untuk mewujudkan Dairi Unggul.

Bupati didampingi Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si, Camat Sidikalang Robot Simanullang, SAB, MAB, Kepala Desa Bintang Aladin Sinaga menyerahkan secara simbolik Dokumen Adminduk kepada beberapa masyarakat seperti ,KK,KTP-el 3 buah,Akte kelahiran 1buah,,Akte Perkawinan 1 buah ,Kartu Identitas Anak(KIA) 3 buah.

Dan dari hasil pelayanan tersebut berhasil mencetak Akte Kelahiran sebanyak 82 buah, KTP 80 Keping, Pencetakan KIA 160 keping, Perekaman KIA 336 orang, Kartu Keluarga (KK) 31 KK, Akta Perkawinan 16 Akta. (Kris).

TIDAK ADA KOMENTAR

Comments are closed.