Ramai Minta Laporan Polisi ke Abu Janda Dicabut

Ramai Minta Laporan Polisi ke Abu Janda Dicabut

2877
0
BERBAGI

Jakarta, (Warta Viral) – Berbagai kalangan terus mendesak agar Laporan Polisi (LP) tuduhan ke Permadi Arya alias Abu Janda dalam cuitan ke Natalius Pigai soal penggunaan Pasal 27 ayat 3 ITE, sebaiknya dicabut.

Pasalnya, karena bukan Natalius Pigai sendiri yang melapor atau sipemberi kuasa.

Desakan mencabut laporan polisi ramai di media sosial, seperti Facebook dan Twiter.

Salah satunya adalah CEO of Indonesia Cyber, Muannas Alaidid, SH yang mengatakan sebaiknya cabut laporan atas tuduhan ke Abu Janda soal penggunaan Pasal 27 ayat 3 ITE apalagi soal SARA 28 (2), karena kalau bukan Pigai sendiri yang lapor/sipelapor diberi kuasa Pigai, dia dapat dituduh membuat pengaduan palsu sesuai Ps. 317 KUHP bila laporan nanti tidak dapat dibuktikan. Terimakasih, Ciut Muannas di Twitternya, Minggu (31/01/2021).

“Jadi kalaupun Twitter Abu Janda mau disoal itu tuduhan pribadi Abu Janda ke Pigai, tapi jangan dong frase evolusi dipelintir sebagai bentuk rasisme pada kelompok/suku tertentu, tidak ada muatan SARA dalam konten Abu Janda termasuk penggunaan bahasa daerah seperti kasus nababan sebelumnya, ini beda!” kata Muannas.

Menurutnya, tuduhan soal evolusi ke Natalius Pigai dalam cuitan Abu Janda, hanya masuk kualifikasi delik penghinaan/pencemaran nama baik.

Lalu, Natalius Pigai sendiri yang harus melaporkan Abu Janda bukan pihak lain. “Kalau memang mau disoal sebab ada yang menilai katanya merendahkan, tapi harus Pigai yang lapor sendiri sebagai korban bukan orang lain termasuk KNPI masa dia yang mengaku-ngaku korban,” kata dia.

Sementara Pegiat media sosial Permadi Arya atau Abu Janda mengaku kalau dirinya merupakan korban dari cuitan twitter yang kronologinya dipotong.

Kalau cuitan yang menyebut kata ‘Islam arogan’ itu dia sampaikan menjawab cuitan dari Usataz Tengku Zulkarnain melalui akun twitter @tengkuzul.

Abu Janda menjelaskan bahwa dirinya merupakan korban dari cuitan twitter yang dipotong ini melalui akunnya @permadiaktivis1 dengan menautkan sebuah video.

Sedangkan Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menjadwalkan pemeriksaan terhadap Permadi Arya alias Abu Janda, pada Senin (1/2/2021).

Permadi akan dimintai keterangan Bareskrim terkait unggahannya di Twitter yang menyebut “ Islam Arogan”. “Iya betul (diperiksa) Senin, 1 Februari 2021,” ungkap Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono kepada wartawan. (Rekson)

TIDAK ADA KOMENTAR

Comments are closed.