Konferensi Antar-benua untuk Budaya Perdamaian Melalui Pendidikan Akan Diadakan

Konferensi Antar-benua untuk Budaya Perdamaian Melalui Pendidikan Akan Diadakan

202
0
BERBAGI

Filipina, (Warta Viral) – Konferensi perdamaian antar benua akan diadakan pada 24 Januari 2021 secara daring, dihadiri sekitar 2.000 peserta dari 17 negara, termasuk Filipina, India, Australia, dan Korea Selatan.

Tuan rumah konferensi ini adalah LSM perdamaian internasional yang berbasis di Korea, yaitu Budaya Surgawi, Perdamaian Dunia, Pemulihan Terang (HWPL) yang berafiliasi dengan DGC PBB dan ECOSOC PBB.

Konferensi perdamaian virtual ini diselenggarakan dalam rangka memperingati 7 tahun Hari Perdamaian HWPL 24 Januari yang ditetapkan oleh Provinsi Maguindanao di Filipina untuk merayakan kesepakatan perdamaian di Mindanao pada 24 Januari 2014.

Perjanjian tersebut telah diusulkan oleh Ketua HWPL Bapak Man Hee Lee dan ditandatangani oleh pemerintah, para pemimpin agama dan masyarakat sipil untuk terlibat dalam kolaborasiĀ  dalam upaya-upaya membangun perdamaian untuk mengakhiri konflik yang telah berlangsung selama puluhan tahun.

Sejak itu, acara peringatan tahunan seperti festival perdamaian akbar, Gerak-gerak jalan perdamaian internasional, pameran-pameran perdamaian di museum-museum lokal, dan konferensi antaragama telah diadakan untuk merayakan perjanjian perdamaian dan meningkatkan kesadaran perdamaian di antara para warga di wilayah tersebut.

Acara ini telah membahas sejarah, isu-isu terkini, dan rencana-rencana untuk perdamaian jangka panjang di Mindanao sebagai contoh pembangunan perdamaian yang didasarkan pada kerjasama antar berbagai aktor di berbagai bidang dengan acara-acara yang telah meningkatkan kesadaran akan perlunya mengamankan perdamaian yang berkelanjutan.

Mengusung tema “Peran Pendidikan Perdamaian dalam Membangun Dunia yang Damai”, perayaan tahun ini sejalan dengan Hari Pendidikan Internasional yang bertujuan untuk membangun platform global bagi para pendidik perdamaian untuk mengimplementasikan pendidikan perdamaian dalam sistem Pendidikan di masing-masing negara. .

Meski acara ini diadakan secara online tahun ini karena COVID-19, diharapkan untuk hadir yaitu lebih dari 2.000 peserta, termasuk para politisi, tokoh-tokoh agama, tokoh-tokoh masyarakat, dan para pendidik.

Konferensi antar-benua ini akan mencakup wisuda para siswa pendidikan perdamaian, upacara ikrar perdamaian, dan berbagai pidato mengenai nilai pendidikan perdamaian.

Seorang pejabat HWPL mengatakan, ā€œMelalui peringatan ke-7 Hari Perdamaian HWPL 24 Januari, kami bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan perdamaian dan budaya perdamaian. Ini akan menjadi kesempatan untuk merevitalisasi masyarakat di seluruh dunia yang saat ini sedang mengalami berbagai kekerasan dan konflik, terutama sejak mulai wabah COVID 19, dengan harapan dan semangat perdamaian.

Siapapun yang tertarik dengan acara ini dapat bergabung dengan mendaftarkan diri di https://tinyurl.com/HWPLPeaceDayZoomReg hingga tanggal 23 Januari. (Rekson Hermanto)

TIDAK ADA KOMENTAR

Comments are closed.