HUT Dairi ke-73: Launching Penggunaan Aplikasi QRIS dan Web Pasar

HUT Dairi ke-73: Launching Penggunaan Aplikasi QRIS dan Web Pasar

418
0
BERBAGI

Dairi, (Warta Viral) – Bupati Dairi Edy Keleng Ate Berutu me-launching penggunaan aplikasi QRIS dan Web Pasar, di pusat pasar Sidikalang, Rabu (30/09/2020).

Acara di hadiri oleh wakil Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumut Andi S Wijayana, Pinca BRI Sidikalang Agung Prasetyo, dan unsur pimpinan OPD Pemkab Dairi.

Kerjasama yang terjalin antara PD. Pasar Kabupaten Dairi dengan BRI Cabang Sidikalang di sambut baik Bupati Dairi.

Kedua belah pihak telah menjalankan perjanjian kerjasama kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara dengan pemerintah Kabupaten Dairi dalam pengembangan ekonomi daerah demgan mengimplementasikan perluasan program elektronifikasi pembayaran di daerah khususnya di Pasar Sidikalang.

Kegiatan ini diselengarakan dalam menyambut HUT Kabupaten Dairi ke-73 Tahun.

Dengan adanya aplikasi QRIS dan Web Pasar di pasar Sidikalang, di tambahkann olehnya , PD. Pasar dan BRI Cab Sidikalang di harapkan untuk selalu mengedukasi seluruh lapisan masyarakat agar beralih dari transaksi Tunai ke transaksi non-tunai khususnya di pasar-pasar Kabupaten Dairi.

Bupati menghimbau agar pada situasi pandemi covid – 19 ini masyarakat memanfaatkan aplikasi QRIS dan Web Pasar dengan melakukan transaksi tanpa melakukan tatap muka, kontak fisik, secara efisien dan QRIS dapat di manfaatkan oleh PD Pasar untuk meningkatkan tata kelola keuangan untuk pembayaran iuran layanan pasar .

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumut Andi S Wijayana mengatakan QRIS adalah suatu standar QR Code pembayaran untuk sistem pembayaran Indonesia yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) kemudian di lanjutkanya, meskipun penyedia QRIS di merchant berbeda dengan penyedia aplikasi yang digunakan masyarakat.
Namun dengan adanya QRIS seluruh aplikasi pembayaran dari penyelenggara manapun baik Bank dan non Bank dapat digunakan di seluruh toko , pedagang, warung, parkir, tiket wisata, donasi (merchant) berlogo QRIS,Andi juga mengapresiasi sikap bupati Dairi Eddy Berutu yang begitu concern terhadap inklusi dan digitalisasi keuangan dia juga menyebutkan launching qris di pasar Sidikalang merupakan yang pertama di provinsi Sumatera Utara

Hal senada di sampaikan oleh Pinca BRI Sidikalang, Agung Prasetyo yang menyebutkan dengan penggunaan aplikasi QRIS dapat meningkatkan Transaksi lebih efektif dan efisien dan juga dapat mengirit waktu saat antri dan QRIS dapat juga diterima oleh seluruh e-wallet dari berbagai metode pembayaran dengan maksimal pembayaran Rp 2.000.000,- per transaksi. (Kristoni )

TIDAK ADA KOMENTAR

Comments are closed.