Tangerang, (Warta Viral) – Secara luas, literasi diartikan sebagai kemampuan berbahasa yang mencakup kemampuan membaca, menulis, menyimak, berbicara, serta kemampuan berfikir yang menjadi elemen literasi. Literasi juga bisa diartikan sebagai melek huruf, kemampuan baca tulis.

Pada dasarnya, literasi berawal sejak diturunkannya wahyu Al-Qur’an yang pertama yaitu Iqra’ yang artinya bacalah. Istilah literasi selalu terkait dengan hal ini, maka literasi secara luas juga dijelaskan dalam Al-Qur’an yang menunjukkan bahwa literasi dan Al-Qur’an saling berkaitan, dimana literasi merupakan salah satu dari pembelajaran Al-Qur’an.

“Salah satu program Gerakan Literasi Sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah adalah literasi Al-Qur’an. Literasi Al-Qur’an juga salah satu bagian dari literasi agama Islam,” ujar Ida Yulita S. Pd salah seorang Guru SMP Negeri 2 Kosambi Tangerang menjelaskan kepada Warta Viral Sabtu (5/10/2022), kegiatan tersebut sudah di lakukan sejak 7 September 2021.

Menurut Ida, untuk durasi Literasi Al-Qur’an di mulai dari 06.00 WIB – 07.00 WIB sebelum memasuki kelas.

Dengan adanya kegiatan literasi Al-Qur’an dikalangan pelajar, hal ini dapat menumbuhkan kesadaran siswa dalam membaca dan mempelajari Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Literasi Al-Qur’an juga sangat berperan dalam menumbuhkan budaya baca dengan meningkatkan iman dan taqwa serta ahlak mulia melalui pendidikan sekolah, ujar Ida.

Dengan membiasakan membaca dan menghafalkan surat pendek dalam Al-Qur’an , sebelum memulai pelajaran dapat menciptakan kebiasan dan budaya baru yang positif sehingga terciptalah generasi pecinta Al-Qur’an yang berbudi pekerti luhur, tutupnya.

Penulis: Akash