Jakrta, (Warta Viral) – Aktivis 98, yang juga Ketua Bidang Politik Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Repdem, Simson Simanjuntak, mengusulkan Partai Nasdem untuk keluar dari kabinet pemerintahan Jokowi-Maruf dan fokus mengurus pemenangan Anies untuk menjadi calon Presiden RI di pemilu tahun P2024.

“Secara etika, Nasdem sudah seharusnya keluar dari kabinet pemerintahan Jokowi-Maruf untuk menghindari politik dua kaki yang pasti akan mengganggu konsentrasi kerja pemerintah dalam mengurus negara dan bangsa,” ujar Simon kepada wartawan Selasa (4/10/2022).

“Sikap Partai Nasdem itu sangat tidak beretika, mengingat pemilu masih dua tahun lagi dan pemerintah saat ini pun sedang fokus mengendalikan kondisi kesulitan rakyat dan bangsa akibat krisis ekonomi yang melanda dunia. Nasdem kan bagian dari koalisi pemerintah, secara etika politik tidak pantas Nasdem nyelonong di tengah kondisi pemerintah lagi fokus seperti saat ini,” tegas Simon.

Dosen Ilmu Politik & International Studies Universitas Paramadina A. Khoirul Umam menilai keputusan Nasdem untuk mencapreskan Anies ini telah dikoordinasikan secara ketat dengan Demokrat dan PKS. “Jika mekanisme internal Demokrat dan PKS bisa segera berjalan cepat untuk menyambut langkah Nasdem ini, maka besar kemungkinan deklarasi koalisi tiga partai akan dilakukan sebelum akhir tahun 2022 ini,” kata Umam kepada wartawan, Senin (3/10/2022).

Hanya saja di sisi lain Umam menilai posisi NasDem di kabinet pemerintahan Presiden Jokowi juga akan terkena dampaknya. Hal ini tak terlepas dari fakta bahwa Anies selama ini dianggap kerap berlawanan dengan lingkaran kekuasaan.

“Potensi risiko yang paling besar adalah ancaman reshuffle 3 menteri Nasdem di pemerintahan, evaluasi total posisi Nasdem di lingkaran kekuasaan, hingga terjadinya kriminalisasi dan penggembosan kekuatan politiknya menjelang 2024 mendatang,” ucap Umam.

Penulis : Rekson Hermanto