Tarutung, (Warta Viral) – Sebanyak 130 unit rumah warga,14 unit rumah ibadah, 1 unit fasilitas kesehatan, dan 9 unit gedung pemerintah, serta 11 jalan-jembatan di Kota Tarutung, Tapanuli Utara, rusak usai diguncang gempa magnitudo 5,8 pada Sabtu (1/10/2022).

“Pasca gempa dini hari tadi juga, ada terjadi kebakaran terhadap 19 unit rumah,”ujar Kepala BPBD Tapanuli Utara Bonggas Pasaribu.

Kementerian Sosial bergerak mendistribusikan logistik, Taruna Siaga Bencana (Tagana) langsung hadir dan membantu penanganan pasca bencana segera setelah gempa terjadi, Sabtu dini hari (1/10).

Berkoordinasi dengan instansi terkait, petugas Kemensos dan Tagana telah melakukan pendataan kebutuhan mendasar warga terdampak, melakukan evakuasi korban ke tempat aman, khususnya untuk kelompok rentan (lansia, anak-anak, penyandang disabilitas, dan kelompok khusus lainnnya).

Melalui Sentra “Insyaf” di Medan, bantuan logistik telah didorong dan tengah dalam perjalanan pengangkutan ke lokasi bencana. “Dari Sentra “Insyaf” di Medan, dalam proses pengiriman bantuan. Mereka sedang dalam perjalanan. Bila lancar, malam ini akan sampai di Tarutung,” kata Kepala Sentra “Insyaf” di Medan Iman Imaduddin saat dihubungi Sabtu (1/10).

Bantuan dari Kemensos melalui Sentra “Insyaf” di Medan yakni bantuan logistik tanggap darurat berupa makanan siap saji 1.500 paket, makanan anak 1.000 paket, lauk pauk siap saji 1.000 paket, air minum kemasan 50 dus, selimut 500 lembar, dan matras 300 lembar.

Bantuan lainnya berupa kasur 200 lembar, sandang dewasa 300 paket, sandang bayi 200 paket, pampers 100 paket, tenda gulung 200 unit, tenda keluarga 20 unit, dan tenda serbaguna keluarga 6 unit.

Sementara, menurut Koordinator Tagana Provinsi Sumatera Utara Eka Darmayanto, masyarakat masih diliputi trauma dan belum kembali ke rumah. Selain memang kondisi rumah berbahaya karena retakan, juga beberapa rumah rusak. “Untuk itu, Kemensos melalui Tagana Sumut telah menyiapkan tenda keluarga sebanyak 4 unit,” kata Eka.

Wilayah Tapanuli Utara diguncang gempa berkekuatan 6.0 SR, pada Sabtu (01/10) sekitar pukul 02:28:41 WIB. Sumber gempa berada di 15 km Barat Laut Tapanuli Utara, dengan kedalaman 10 km. Daerah terdampak gempa meliputi Tapanuli Utara (Tarutung), Hubang Hasundutan, Toba, dan Tapanuli Tengah.

Kondisi saat ini dilaporkan sudah kondusif walau masih terdapat masyarakat di luar rumah. Daerah Toba kondisi sempat panik, namun masih aman. Sibolga dan Medan terlaporkan kondisi masih aman.

Data korban sementara 1 orang meninggal dunia, dan 7 orang terluka sudah mendapat perawatan dari RS Tarutung

Penulis : Rekson