Dairi, (warta Viral) – Diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Penyusunan Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes ) Desa Sungai Raya yang di laksanakan, Senin (29/8/22), di Kantor Desa Sungai Raya berjalan dengan lancar.

Tampak hadir, Kepala Desa Sungai Raya Luat Darson Manullang beserta seluruh perangkat desa, Ketua BPD sungai raya , Camat Kecamatan Sempat Nempu Hulu Koko Mulianto Angkat Sap.Map. yang di wakili oleh Pegawai Kantor Kecamatan Sempat Nempu , Bungaran Situmorang , serta tamu undangan lainnya.

Selain melaksanakan musdes RKPD es Tahun 2023, pada hari yang sama Desa Sungai Juga melaksanakan rapat bersama Camat Kecamatan Sempat Nempu Hulu serta BPS Kabupaten Dairi dalam pencanangan Desa Sungai Raya sebagai Desa Cantik , Cinta Statistik.Kepala Desa Sungai Raya Luat Darson mengatakan, RKPD es adalah dasar pelaksanan program pembangunan pada tahun berikutnya karena hal ini di lakukan sesuai dengan amanah undang-undang desa yang mana setiap rencana kegiatan desa untuk tahun berikutnya harus melalui musyawarah desa.

“Program pembangunan untuk tahun berikutnya yaitu 2023 ditentukan di musdes untuk itulah pentingnya musyawarah desa itu di laksanakan dan harus dilakukan secara transparan sehingga seluruh elemen masyarakat desa sungai raya mengetahuinya ” ujar LuatDia menambahkan , bahwa aspirasi-aspirasi yang pernah di sampaikan oleh warga tidak semua dapat di realisasikan akibat tingginya dampak pengaruh dari bencana non alam Covit-19 yang sebagian energi maupun materi dari pemerintah habis terkuras untuk penanggulangan pandemi Covit-19 .

“Perlu juga di ketahui bahwa program-program maupun aspirasi yang sudah ada di rkpjmdes tidak semuanya bisa di tampung mengingat luas dan besarnya jumlah penduduk, artinya dana yang diterima oleh desa kita setiap tahunnya tidak bisa menampung seluruh aspirasi kita.maka itu di harapkan sekali suatu musayawarah dengan kearifan lokal untuk merealisasikan aspirasi-aspirasi masyarakat dan di sesuaikan dengan kebutuhan, ini semua tidak terlepas dari pengaruh dari bencana non alam yang sudah sangat begitu banyak menghabiskan anggaran ” jelasnya.

Penulis : Kristop