Bandung (Warta Viral) – Terminal Banjaran di Jalan Raya Banjaran, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung perlu dilakukan pembenahan karena tidak berfungsinya Terminal secara optimal dan dianggap menjadi salah satu akar kemacetan yang kerap terjadi di sekitar alun-alun Banjaran hingga pasar Banjaran.

Seringnya arus Lalulintas macet di dua arah didepan Terminal Banjaran imbas dari Angkutan Kota (Angkot) yang sering ngetem sembarang tempat dibahu Jalan raya dan Pedagang Kaki Lima (PKL) cukup sembarawut.

Plt Kepada Terminal Banjaran PK Nandang mengaku kewalahan menangani kemacetan itu. “Kami sudah berupaya untuk menertibkan angkot Angkot ini tetap tidak dihiraukan oleh pengemudinya. Mereka bandel”, ujar Nandang kepada Warta Viral, Jumat (26/2/2022).

Informasi Warta Viral dilapangan pada hari Sabtu (27/8/2022) menyebutkan, Terminal Banjaran sudah dialifungsi menjadi tempat parkir. Pengalih pungsian terminal terlihat dari ratusan parkir motor yang berjejer panjang dengan rapih lengkap dengan petugas pengawasnya.

Selain sepeda motor, terlihat juga parkir puluhan mobil di sebelah selatan yang posisinya rapat pada pasar.

Padahal sebelumnya Terminal Banjaran difungsikan untuk Trayek Banjaran Tegalega, Banjaran Soreang dan Banjaran Gablok serta Banjaran Arjasari.

Bukan itu saja, Angkutan Umum (Angkot) yang semestinya berada di dalam Terminal yang merupakan selalu satu komponen dari transportasi untuk menaikkan dan menurunkan penumpang. Kini sudah ngetem dibahu jalan raya.

Angkot yang berada dibahu jalan itu menjadi penyebab kemacetan panjang dari kedua arah. Itu bisa dilihat setiap hari di pagi hari didukung dengan kondisi pasar tumpah yang memenuhi tortoar jalan.

Fenomena semrahutnya Terminal Banjaran, alun-alun Banjaran hingga Pasar Banjaran sudah tidak bisa ditangani oleh Pemerintah Kabupaten Bandung melalui Dinas Perhubungan dan Polri.

Penulis: Delimar Sitorus

Editor: Rekson