Jakarta, (Warta Viral) – Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta Andhika Permata yang menyebut bahwa area JIEC berstandar internasional dinilai menipu masyarakat.

Pasalnya, pernyataan Andhika bertolak belakang dengan kondisi toilet yang berada di tempat parkir JIEC.

Hasil pantauan Warta Viral menyebutkan, toilet khusus untuk penonton tampak sederhana dibandingkan fasilitas pembalap.

Bagian luar dan dalam toilet penonton menggunakan material plastik dengan warna yang bermacam-macam.

Di bagian dalamnnya juga sederhana. Toilet menggunakan model duduk tetapi dengan bahan plastik tanpa ada tuas untuk flush kotoran.

Di sebelahnya ada tempat sampah dengan bentuk yang sederhana juga. Berbeda dengan fasilitas untuk para pembalap, di toilet khusus penonton ini muncul tempat tisu toilet yang bisa digunakan untuk membersihkan kotoran.

Selain itu, toilet di tempat parkir itu memiliki warna hijau di bagian luarnya. Kemudian, disediakan toilet untuk perempuan dan laki-laki.

Berdasar pantauan di toilet laki-laki, dari tiga wastafel yang ada di sana, salah satu wastafel memiliki kenop yang kendor dan harus direkatkan menggunakan rafia berwarna hitam. Air yang keluar pun mengalir secara tak lancar di wastafel tersebut.

Kondisi pintu dari beberapa toilet itu sudah tak lagi sempurna. Drainase yang berada di dalam salah satu toilet itu juga tak bisa mengalir dengan lancar sehingga menimbulkan genangan di area lantainya.

Lalu, terdapat sebuah galon berisikan air yang tampak diletakkan begitu saja yang terletak di antara wastafel dan toilet berdiri.

Sementara itu, untuk diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelontorkan dana sehingga Rp 190 miliar untuk pembuatan JIEC.

Sementara Bos Formula E, Alberto Longo, memuji Anies Baswedan setinggi langit usai berhasil mendapatkan uang Rp 560 miliar hanya untuk membayar commitment fee dari gelaran Jakarta E-Prix 2022.

Alberto Longo bahkan mengaku sampai kehabisan kata-kata untuk memuji Anies yang berhasil menyelenggarakan Formula E secara fantastis.

“Kepemimpinan, kebaikan, keramahan, kesetiaan, dan Kejujuran hanyalah beberapa dari sekian banyak kata sifat yang dapat mendefinisikan sahabat baik saya Anies Baswedan,” ujar Alberto di instagram miliknya. (Rekson)