Jakarta, (Warta Viral) – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapanuli Tengah (Tapteng) Rahman Husein Siregar menghimbau agar tidak lagi ada aksi-aksi pembukaan lahan dengan cara membakar maupun pembakaran hutan di di seluruh Kecamatan di Kabupaten Tapteng.

Jika ditemukan, akan dijerat hukuman dengan sanksi kurungan penjara dan denda miliyaran rupiah sesuai undang undang yang ditetapkan pemerintah.

“Kepada masyarakat di minta segera melapor jika melihat titik api, baik ke Aparat desa, kecamatan, kepolisian, TNI ataupun pemadam kebakaran serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah agar segera ditangani,” ujar Rahmat, kepada wartawan pada hari Rabu (20/7/2022).

(Pembalakan Liar di Desa Sidaling, Kecamatan Pasaribu Tobing, Tapanuli Tengah )

Sementara itu berdasarkan pantaun Warta Viral menyebutkan aksi pembukaan lahan masih terjadi Desa Sidaling di Kecamatan Pasaribu Tobing.

Praktek pembalakan liar (illegal logging) di wilayah Kecamatan Pasaribu Tobing terutama kawasan Pegunungan Bukit Barisan masih marak terjadi.

Praktek pembalakan liar sudah berlangsung lama terjadi di Pasaribu Tobing, baik yang dilakukan oleh masyarakat skala kecil maupun yang diduga dibekingi cukong serta aparat.

Kasus pembalakan liar di Pasaribu Tobing hingga saat ini masih ditangani petugas Polsek Sorkam dengan barang bukti hukum, berupa satu unit kenderaan Pickup, puluahan kayu Mahoni dan Kapur, serta sebanyak 73 Papan yang siap dijual.

Namun, kasus di Polsek Sorkam sampai terancam bakal dipetieskan polisi menyusul pelaku pembalakan liar yang sudah diketahui identitasnya polisi masih dibiarkan bebas melakukan aksinya untuk melakukan pembalakan liar. Kuat dugaan pelaku pembalakan liar sudah dibekingi oknum aparat Polsek Sorkam. (Rekson)

(Pembalakan Liar di Desa Sidaling, Pasaribu Tobing)