Jakarta, (Warta Viral) – Direktur CPA-LSI Denny JA, Ade Mulyana, mengatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tidak maju sama sekali di pilpres karena tak akan mendapat tiket capres di tahun 2024.

“Sangat mungkin jika nanti akhirnya Pak Ganjar atau Pak Anies akan tumbang menjadi cawapres atau tidak maju sama sekali,” kata Ade kepada wartawan Kamis (7/7/2022).

Menurut Ade, meski Anies dan Ganjar memiliki elektabilitas tinggi di berbagai survei, tetapi tetap ada kesulitan bagi keduanya untuk maju di Pilpres 2024.

Kesulitannya yaitu ketentuan ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold sebesar 20 persen.Hingga saat ini, belum ada parpol yang terlihat akan meminang Anies sebagai capres. Sementara hubungan Ganjar dengan PDIP juga belakangan tampak semakin memburuk atau memanas.

“Karena semoncer apapun tingkat elektabilitas, dengan adanya ‘barrier to entry’, yaitu syarat diusung minimal 20 persen dari partai atau koalisi partai, maka akan sulit bagi calon tersebut untuk ikut berkontestasi pada pilpres mendatang,” ujar Ade.

Hal yang sama juga dibenarkan Pendiri lembaga survei Cyrus Network Hasan Nasbi yang memprediksi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak akan mendapat tiket capres pada Pemilu 2024.

“Kalau Anies mau jadi capres berat, dari semua sisi, kalkulasi matematikanya sudah susah. Boleh taruhan Alphard, boleh,” kata Hasan dalam sebuah diskus.

Hasan menjelaskan sejumlah faktor yang menjadi landasan prediksinya itu, salah satunya dukungan Presiden Joko Widodo. Ia belum melihat kode dukungan Jokowi untuk Anies.

Kata Hasan, selain tak didukung Jokowi, Hasan juga mengungkit masalah politik identitas yang dimiliki Anies. Hal itu akan menjadi hambatan Anies, sementara saat ini sejumlah partai mulai mengklaim menghindari politik identitas. Sekaligus juga masukan buat NasDem, kira-kira introspeksi enggak?” tutur Hasan. (Rekson)