Jakarta, (Warta Viral) – Prajurit Rusia terus memperlakukan tawanan perang Ukraina dengan hormat, kata juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Mayor Jenderal Igor Konashenkov, Minggu (27/2/2022).

“Mengenai tawanan perang Ukraina, kami akan terus memperlakukan dengan bermartabat semua prajurit angkatan bersenjata Ukraina yang meletakkan senjata mereka.

Kami memahami bahwa mereka memberikan sumpah kepada rakyat Ukraina. Semua orang yang meletakkan senjata dan penghentian perlawanan akan dikembalikan ke keluarga mereka,” katanya.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan pada pagi hari tanggal 24 Februari bahwa ia telah memutuskan untuk melakukan operasi militer untuk mendemiliterisasi Ukraina.

Dalam pidato yang disiarkan televisi kepada Rusia, dia mengatakan bahwa keadaan membutuhkan tindakan segera, karena republik Donbass meminta bantuan Rusia.

Menurut pemimpin Rusia, semua tanggung jawab atas pertumpahan darah akan berada pada hati nurani rezim Kiev.

Kemudian, Kementerian Pertahanan Rusia menekankan bahwa Angkatan Bersenjata Rusia tidak melakukan serangan rudal, udara atau artileri di kota-kota Ukraina: infrastruktur militer dinonaktifkan oleh senjata presisi tinggi.

Kementerian meyakinkan bahwa penduduk sipil tidak dalam bahaya. (Rekson Pasaribu)