MOSKOW, (Warta Viral) – Presiden Rusia Vladimir Putin menempatkan penangkal nuklirnya dalam siaga tinggi pada Minggu (27/2/2022) dalam menghadapi serentetan pembalasan oleh Barat atas perangnya melawan Ukraina.

Ukraina mengatakan telah memukul mundur pasukan darat Rusia yang telah menyerang beberapa kota terbesarnya.

Amerika Serikat mengatakan Putin meningkatkan perang dengan “kata-kata berbahaya”. Ada tanda-tanda bahwa serangan terbesar di negara Eropa sejak Perang Dunia II tidak memberikan kemenangan cepat, tetapi memicu tanggapan yang luas dan terpadu dari Barat.

Kantor kepresidenan Ukraina mengatakan akan mengadakan pembicaraan dengan Moskow di perbatasan Belarus-Ukraina tanpa prasyarat. Tetapi tidak jelas kapan negosiasi akan dimulai.

Presiden Zelensky berkata: “Saya tidak begitu percaya pada hasil pertemuan ini, tetapi biarkan mereka mencobanya sehingga di masa depan tidak ada warga Ukraina yang meragukan bahwa saya, sebagai presiden, mencoba mencegah perang.”

Kurang dari empat hari setelah invasi dimulai, hal itu memicu respons politik, strategis, ekonomi, dan korporat dengan skala dan koordinasi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Uni Eropa yang beranggotakan 27 negara telah memutuskan untuk pertama kalinya dalam sejarahnya untuk memasok senjata ke negara yang sedang berperang, dengan sebuah sumber mengatakan kepada Reuters bahwa blok itu akan memberi Ukraina 450 juta euro ($507 juta) dalam bentuk senjata dan peralatan.

Hampir 400.000 warga sipil di Ukraina telah melarikan diri ke negara-negara tetangga, terutama wanita dan anak-anak. Ratusan orang terdampar di Kiev pada hari Minggu, menunggu untuk mengejar kereta ke barat, jauh dari medan perang.

Ibukota masih di tangan pemerintah Ukraina, dan Zelensky mengumpulkan rakyatnya setiap hari, meskipun Rusia menembaki infrastruktur sipil.

UE menutup wilayah udaranya untuk semua penerbangan Rusia dan melarang media Rusia RT dan Sputnik beroperasi di UE. Kanada juga menutup wilayah udaranya untuk penerbangan Rusia. Amerika Serikat dan Prancis mendesak warganya untuk segera mempertimbangkan meninggalkan Rusia karena opsi penerbangan semakin menipis.

Jerman mengatakan akan secara signifikan meningkatkan pengeluaran pertahanan, melepaskan diri dari keengganan puluhan tahun untuk mencocokkan kekuatan ekonomi dengan kekuatan militer.

Sebelumnya, Jerman menangguhkan persetujuan rencana pipa gas alam Nord Stream 2. Raksasa minyak Inggris BP mengumumkan akan menarik diri dari 19,75% sahamnya di Rosneft (Rosneft), menghapus aset sebanyak $25 miliar.

Presiden Bank Dunia David Malpass (David Malpass) mengatakan bahwa G7 akan membahas Ukraina pada hari Selasa, dan Bank Dunia dapat memberikan bantuan keuangan ke Ukraina dalam beberapa hari.

**”Bukan pencegah tapi ancaman”**

Perintah Putin untuk menempatkan alat pencegah Rusia, termasuk senjata nuklir, dalam siaga tinggi adalah faktor baru yang mengejutkan.

Pada hari Minggu, ia merujuk pada pernyataan keras dari para pemimpin NATO dan sanksi ekonomi yang dijatuhkan oleh Barat terhadap Rusia.

Putin mengatakan di televisi pemerintah: “Tidak hanya negara-negara Barat mengambil tindakan tidak bersahabat terhadap negara kita secara ekonomi – maksud saya sanksi ilegal yang diketahui semua orang, tetapi pejabat senior dari negara-negara utama NATO juga membuat pernyataan agresif terhadap negara kita.

” Putin sebelumnya menyebutkan persenjataan nuklir dalam pidatonya pada hari Kamis, mengatakan bahwa Rusia akan segera menanggapi negara mana pun yang menghalangi tindakannya, “dengan konsekuensi yang belum pernah Anda lihat dalam sejarah.

” Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa mengatakan bahwa setelah invasi ke Ukraina, Rusia jelas mengancam akan meluncurkan serangan nuklir ke negara-negara yang mendukung Ukraina.

“Hanya menyebutkan kemungkinan penggunaan senjata nuklir – itu sangat tidak bertanggung jawab dan berbicara tentang karakter (orang) yang melakukannya,” kata Borrell pada konferensi pers setelah pertemuan virtual para menteri luar negeri Uni Eropa di Brussels.

“Kami khawatir Rusia tidak akan berhenti di Ukraina.” “Ini adalah langkah lain yang meningkat dan tidak perlu yang mengancam kita semua,” kata duta besar AS untuk PBB, Linda Thomas-Greenfield, kepada Dewan Keamanan PBB.

Pidato berbahaya.” Seorang pejabat Departemen Pertahanan AS mengatakan Washington sedang mencoba untuk menilai implikasi dari pernyataan Putin, tetapi langkah itu meningkatkan risiko salah perhitungan.

Amerika Serikat dan Eropa pada hari Sabtu mengumumkan sanksi ekonomi terkuat mereka, mengeluarkan beberapa bank Rusia dari Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT), sistem pembayaran utama dunia, dan langkah-langkah lain untuk membatasi penggunaan Moskow atas $630 miliar di internasional. cadangan.

Presiden Swiss mengharapkan pemerintah untuk mengikuti Uni Eropa pada hari Senin dengan sanksi terhadap Rusia dan pembekuan asetnya. Di New York, Dewan Keamanan PBB memutuskan pada hari Senin untuk mengadakan sesi khusus darurat yang jarang terjadi di Majelis Umum PBB, yang dihadiri oleh semua 193 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Protes terhadap invasi telah meletus di seluruh dunia, termasuk di Rusia. Tindakan keras Rusia yang kejam mengakibatkan penangkapan 2.000 pengunjuk rasa tambahan di 48 kota pada hari Minggu, sehingga jumlah total penangkapan di sana menjadi lebih dari 4.000.

Puluhan ribu orang berbaris di seluruh Eropa untuk memprotes invasi Rusia, dengan lebih dari 100.000 di Berlin.

**Pertempuran Kharkov**

Sebuah kantor berita milik negara Ukraina mengatakan pasukan Rusia telah meledakkan pipa gas di Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina.

Tak lama kemudian, pasukan lapis baja Rusia memasuki Kharkiv, di mana saksi mata mengatakan ada penembakan dan ledakan.

Namun otoritas kota mengatakan serangan itu berhasil dihalau. Reuters tidak dapat mengkonfirmasi berita tersebut. Pasukan Ukraina juga tampaknya menangkis pasukan Rusia yang maju menuju Kiev.

Namun, citra satelit yang dirilis pada hari Minggu oleh perusahaan swasta Maxar Technologies menunjukkan bahwa sekitar 40 mil (64 kilometer) dari Kiev, pasukan darat Rusia sepanjang lima kilometer (3,25 mil), termasuk tank, sedang menuju ke Kiev.

Reuters tidak dapat memverifikasi gambar secara independen. “Kami telah melawan dan berhasil menangkis serangan musuh.

Pertempuran berlanjut,” kata Zelensky dalam sebuah video yang direkam di jalan-jalan Kiev. Dia menolak untuk meninggalkan Kiev dan telah memanggil pejuang dan warga sipil. Sedikitnya 352 warga sipil, termasuk 14 anak-anak, tewas dan 1.684 terluka, kata kementerian kesehatan Ukraina.

Sebuah badan PBB melaporkan 64 kematian warga sipil dan penasihat presiden Ukraina mengatakan 4.500 tentara Rusia tewas. Reuters tidak dapat memverifikasi angka-angka tersebut. “Tentara Rusia tidak mengancam warga sipil Ukraina.

Itu tidak menembaki infrastruktur sipil,” kata Vassily Nebenzia, perwakilan tetap Rusia untuk PBB, kepada Dewan Keamanan PBB. (Rekson Pasaribu)