Jakarta, (Warta Viral) – Ada kecaman yang berkembang atas invasi Rusia ke Ukraina dan beberapa di antaranya datang dari orang Rusia sendiri.

Di Winnipeg, lusinan orang dari berbagai negara berkumpul dengan komunitas Ukraina untuk rapat umum di The Forks Kamis malam, termasuk beberapa orang keturunan Rusia.

“Salah satu dari mereka mendekati saya dan mengatakan kepada saya bahwa dia menyesal atas apa yang dilakukan Rusia dengan Ukraina saat ini,” kata Dmytro Malyk, wakil presiden Kongres Ukraina Kanada di Manitoba. Buhler Industries, produsen peralatan yang berkantor pusat di Fort Garry Industrial Park Winnipeg, juga menyuarakan penentangan terhadap invasi tersebut.

Buhler mengatakan sementara perusahaan pertanian Rusia memegang kepemilikan mayoritas, ia beroperasi dengan otonomi dan semua keputusan bisnis dibuat di sini di Kanada. “Tim eksekutif Buhler Industries bersatu dalam mengutuk tindakan yang diambil oleh Federasi Rusia,” kata perusahaan itu dalam sebagian pernyataan yang dirilis di situsnya. “Kami sangat kecewa dengan kejadian saat ini dan mendukung resolusi cepat dan damai dan menyampaikan belasungkawa kami kepada mereka yang terkena dampak dan berbagi dalam kesedihan mereka.

” Perusahaan mengatakan Buhler Industries tidak mengekspor produk ke Rusia sejak 2019 dan tidak lagi melakukan bisnis di wilayah tersebut.

Buhler juga mengatakan sanksi Kanada tidak akan memengaruhi strategi bisnisnya saat ini. Tetapi sementara jumlah korban sipil dan militer dari invasi meningkat, konsekuensi kemanusiaan dan ekonomi juga beriak di seluruh dunia.

“Apa pun yang kami tanam di Kanada di sini mendapat dorongan harga yang besar, terutama karena ketidakpastian yang ditimbulkan oleh perang ini,” kata Gunter Jochum, yang bertani di dekat Winnipeg dan menjabat sebagai presiden Petani Gandum Kanada Barat.

Jochum mengatakan mengingat peran Rusia dan Ukraina sebagai pemasok utama gandum, konflik telah menyebabkan harga tanaman berfluktuasi, melonjak sebelum turun kembali. Tapi dia mengatakan itu bukan satu-satunya kekhawatiran.

“Itu tidak mempengaruhi apa yang kami tanam dan jual, itu juga mempengaruhi input tanaman kami,” kata Jochum.

“Rusia adalah eksportir dan produsen pupuk utama.” Seorang ahli mengatakan Kanada juga bisa memilih untuk memboikot barang-barang buatan Rusia.

“Relawan semacam itu, keputusan individu dapat bertambah,” kata Andrea Charron, direktur Pusat Studi Pertahanan dan Keamanan Universitas Manitoba. Di Liquor Marts yang dikelola provinsi Manitoba, hanya dua produk di antara ribuan yang mereka bawa—Baltika 7 Premium Lager dan Russian Standard Vodka—berasal dari Rusia dan telah ditarik dari rak-rak toko atas permintaan pemerintah Manitoba, menurut Manny Atwal, presiden dan CEO Manitoba Liquor and Lottery. “Kami juga telah menerima umpan balik publik yang meminta, dan untuk mendukung, penghapusan produk Rusia dari rak kami,” kata Atwal. “Ada produk lain di rak kami yang mungkin tampak seperti Rusia karena nama merek, karya seni, fitur pemasaran, atau gaya minuman keras mereka, tetapi tidak diproduksi di Rusia.” (Rekson)