Bekasi, (Warta Viral) – PT PLN (Persero) UP3 Bekasi dan PLN Rayon Babelan belum menertibkan puluhan kabel-kabel‎ bisnis Wi-Fi ilegal yang menempel di tiang listrik di dalam Perumahan Villa Gading Harapan.

Akibat pembiaran oleh pihak PLN, semakin banyak kabel telematika yang ditumpahkan di jaringan listrik PLN, sehingga jaringan sangat kumuh.

Tiang listirik menjadi semrawut karena terbebani dari batas kemampuannya yang dilakukan para pengusaha wifi atau yang disebut riseler.

Ketua LSM Tipikor, Jonathan meminta pihak PLN Bekasi segera turun tangan menindak lanjuti persoalan yang ada, karena menurut Jonathan selama ini, belum ada tindakan dari pihak PLN, ujarnya kepada Warta Viral, Kamis (10/2/2022).

Menurut Jonatan, hingga sampai saat ini belum ada satupun pelaku usaha Wi-Fi yang meminta ijin kepada pihak PLN untuk menggunakan fasilitas tiang listrik milik PLN, tambahnya.

“Bila masuk ke Perumahan perumahan di Bekasi, ada banyak sekali kabel bergelayutan, ruwet, semrawut, berantakan di sepanjang jalan.

Parahnya kata Jonatan, kabel-kabel kacau ini bisa terlihat di manapun, di dekat lokasi kerja Anda atau di lingkungan tempat tinggal Anda, di seantero Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi.

Saking banyak kabel pada setiap tiang, Anda hampir pasti sulit menghitungnya. Tak cuma kabel yang melintang di sana-sini, tapi juga tiang-tiang saling bergerombol di setiap titik, kadang-kadang mengadang badan trotoar, ujarnya.

Informasi Warta Viral menyebutkan, pihak PLN Distribusi Bekasi pernah mengatakan semua kabel telematika yang terpasang di tiang listrik tidak memiliki izin dari PLN. (Rademan)