Pekanbaru, (Warta Viral) – SD Negeri 149 Pekanbaru masih marak melakukan pungutan liar (Pungli) mulai dari penjualan buku LKS hingga pakaian seragam siswa. Praktek pungli tersebut dilakukan oleh kepala sekolah dan guru.

Guru SD Negeri 149, Nurhidayati, membenarkan sekolahnya masih melakukan bisnis penjualan seragam siswa. Dugaan ini diperkuat ketika awak media mengunjungi Nurhidayati dikelas dengan beberapa kantong plastik baju seragam siswa.

Nurhidayati mengatakan program penjualan baju tersebut merupakan program kepala sekolah. “Bapak kepala sekolah dulu yang mengizinkan ini, dan persetujuan wali murid. Dan saya hanya melanjutkan saja”, jelasnya Nurhidayat.

Hidayati mengatakan, untuk pembayaran bayaran baju Rp. 200.000 per satu stel baju, dan setiap anak membuat lima (5) stel baju seragam.

Kepala Sekolah SD Negeri 149, Nur Huda mengatakan tidak mengetahui tentang pembuatan seragam tersebut, “Saya tidak tau soal baju seragam itu, karna saya baru dua bulan pindah ke sekolah ini”, jelasnya. (Rademan)