Jakarta, (Warta Viral) – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo untuk memimpin Komite Kereta Cepat antara Jakarta dan Bandung.

Penunjukan Luhut, tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 93 Tahun 2021 tentang Percepatan Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Kereta Cepat Antara Jakarta dan Bandung. yang ditandatangani Jokowi pada hari Rabu 6 Oktober 2021.

Perpres ini menjelaskan bahwa pemerintah menugaskan konsorsium BUMN yang dipimpin PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk mempercepat penyelenggaraan prasarana dan sarana kereta cepat antara Jakarta dan Bandung.

Komite Kereta Cepat Jakarta-Bandung juga memiliki tugas menetapkan bentuk dukungan pemerintah yang dapat diberikan untuk mengatasi bagian kewajiban perusahaan patungan dalam hal terjadi masalah kenaikan dan/atau perubahan biaya (cost ouemtn) proyek kereta cepat antara Jakarta danBandung ), yang meliputi:

  1. rencana penyertaan modal negara kepada pimpinan konsorsium badan usaha milik negara untuk keperluan proyek kereta cepat antara Jakarta dan Bandung;
  2. pemberian penjaminan pemerintah atas kewajiban pimpinan konsorsium badan usaha milik negara dalam hal diperlukan, untuk pemenuhan modal proyek kereta cepat antara Jakarta dan Bandung.

Sebelumnya, Luhut mengatakan tidak ada tujuan lain Pemerintah dalam membangun Layanan Kereta Api ini selain untuk memberikan seluas-luasnya dampak pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat.

“Moda transportasi yang terintegrasi bagi masyarakat adalah solusi untuk menghubungkan seluruh wilayah Indonesia hingga ke pelosok daerah seperti yang diperintah oleh Presiden Joko Widodo kepada kami para pembantunya” ujar Luhut diakun Facebooknya.

Sekali lagi kata Luhut, saya mengapresiasi semua pihak yang telah berhasil mewujudkan moda transportasi yang bukan hanya baik namun juga bermanfaat. Dan semoga dalam beberapa waktu kedepan konektivitas antarmoda transportasi semacam ini dapat diduplikasi diseluruh wilayah Indonesia, ujarnya. (Rademan)