Jakarta, (Warta Viral) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara peringatan HUT ke-76 TNI di Istana. Upacara digelar secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Upacara digelar di Halaman Istana Merdeka seperti disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (5/10/2021).

Presiden Jokowi mengatakan Hari Tentara Nasional Indonesia ke-76 tiba di saat negeri ini masih berkutat melawan musuh tak kasat mata berupa virus Covid-19.

Dan TNI telah membuktikan bahwa prajurit-prajuritnya tidak sekadar menjadi penjaga utama kedaulatan negara dan keutuhan wilayah NKRI, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

TNI juga bisa diandalkan untuk membantu masyarakat menghadapi tantangan lain, dari bencana alam sampai pandemi Covid-19. Terima kasih TNI, ujar Jokowi.

PAMERAN ALUTSISTA DIGELAR DI SEKITAR ISTANA KEPRESIDENAN JAKARTA

Peringatan ke-76 Hari TNI tahun 2021 dilaksanakan berbeda karena selain digelar upacara peringatan, juga dipamerkan alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik negara.

Alutsista tersebut ditempatkan di ruas jalan sekitar Istana Kepresidenan Jakarta sejak Minggu malam, 3 Oktober 2021. Jalan yang digunakan adalah Jalan Medan Merdeka Utara dan Jalan Medan Merdeka Barat.

Ada lebih dari 100 unit alutsista milik TNI yang dipamerkan, tentunya memberikan kebanggaan kepada kita, seluruh masyarakat. Dan dari alutsista tersebut, sebagian besar jarang diketahui masyarakat.

Beberapa jenis alutsista yang ditampilkan yaitu 2 unit kendaraan taktis ringan Sherpa Light Scout, 35 unit kendaraan taktis Anoa, 8 unit Indonesia Light Strike Vehicle (ILSV) Armoured Personel Carrier, dan 2 unit Rantis Bushmaster.

Ada juga 19 unit P6 ATAV, 18 unit Rudal Mistral, 2 Unit Mistral MPCV, 4 unit radar MCP, 2 unit BTR 4, 1 unit Aligator, 2 unit APC Turangga, 4 unit MLRS RM 70 Vampire beserta 1 unit Rantis Tatrapan, 2 unit Orlikon Skyshield, 4 unit MLRS Astros, dan 6 unit Armed Caesar 155 MM.

Pameran alutsista dalam rangka Hari TNI ini akan digelar hingga 6 Oktober 2021. (Rekson Hermanto)