Jakarta, (Warta Viral) – DPRD DKI Jakarta tetap menggelar rapat paripurna (Rapur) hak interpelasi Formula E berlangsung sukses sampai selesai, meski dianggap 7 Fraksi DPRD menyalahi aturan tata tertib (tatib).

Sekretariat DPRD DKI membuat jadwal rapat paripurna hari ini dengan agenda penentuan pelaksanaan interpelasi Formula E, pelaksanaan rapur interpelasi berlangsung pada pukul 10.00 WIB.

“Tetap digelar. jadwal paripurna undangannya udah ditandatangan pak ketua jam 10 pagi,” kata Plt Sekwan DPRD DKI Augustinus di Jakarta, Selasa (28/9/2021).

“Tadi sudah saya sampaikan ke Pak Ketua. Saya bilang, ‘Pak Ketua, ini verbalnya tidak diparaf oleh para wakil satu pun, tidak berkenan memparaf’,” kata Augustinus, Senin, 27 September.

Namun, kata Augustinus, Prasetyo kukuh akan memulai rapat paripurna penentuan interpelasi hari ini, Selasa, meski tanpa persetujuan para wakilnya.

“Pak Ketua tetap tanda tangan dan bilang tetap jalankan hak interpelasi ini, karena hak interpelasi ini merupakan salah satu hak dewan juga. Lalu ini cuma hanya menanyakan kebijakan terkait Formula E. Pak Ketua tadi bilang begitu ke saya,” jelas Augustinus.

Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI-P Gilbert Simanjuntak mengatakan, penetapan jadwal paripurna pembahasan hak interpelasi dalam rapat Badan Musyawarah (Bamus) hari ini sesuai dengan aturan.

Gilbert meminta agar tujuh fraksi penolak interpelasi yang tidak setuju dengan agenda rapat paripurna interpelasi bisa menggunakan forum paripurna untuk memberikan pandangan.

“Jangan bicara hanya di media tapi menggunakan forum paripurna sebagai forum tertinggi DPRD. Hal tersebut disampaikan dalam pandangan umum sikap fraksi, ini sesuai tujuan berdemokrasi,” ucap Gilbert.

“Karena tidak ada penolakan, maka diputuskan untuk dijadwalkan besok, tidak ada hal yang semena-mena di situ, tapi yang terjadi mereka yang anggota Bamus mewakili fraksinya tidak menolak dan sebagian tidak hadir di rapat Bamus tadi,” ujar Gilbert. (Wilson)