Dairi, (Warta Viral) – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Dairi, Ny. Romy Mariani Eddy Berutu meninjau dan mengadakan pertemuan dengan para penenun ulos Silahisabungan di kantor Kepala Desa Silalahi I pada, Jumat (29/01/21).

Kunjungan isteri Bupati Dairi ini salah salah satu wujud upaya untuk mendukung program beli kreatif danau Toba yang di gagas oleh Sandiaga Uno.

Program beli kreatif danau Toba 2021 merupakan salah satu Gerak cepat yang di lakukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Sandiaga untuk mendorong ekonomi kreatif khususnya di Kawasan Danau Toba, tujuannya  adalah untuk mendorong ekonomi kreatif unggulan yang ada di kawasan Danau Toba sebagai super prioritas destinasi pariwisata sehingga menjadi multiplayer efek bagi masyarakat.

Romy  menegaskan bahwa program ini merupakan turunan dari Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang dilaunching oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2020 yang digerakkan untuk membantu 200 pelaku UMKM di Sumatera Utara dalam meningkatkan perekonomian keluarga serta memasarkan produk kreatifnya, yakni tenun ulos Silahisabungan.

“Dengan situasi pandemi Covid-19 saat ini banyak usaha yang sangat terdampak termasuk partonun. Namun justru dimasa ini, UMKM merupakan salah satu bidang yang mampu bertahan.

Dengan dasar itulah, kita berharap kegiatan partonun di Silalahi ini bisa menjadi UKM yang terpilih”, ujarnya.

Program Bangga Buatan Indonesia di harapkan dapat mengurangi penggunaan produk dari luar negeri dengan cara  meminati produk lokal dan kedepannya  para pemimpin nasional maupun dunia suatu saat akan melirik produk tenun Silalahi yang ramah terhadap lingkungan.

Untuk itu kata Romy produk dari Sumatera Utara nantinya akan dipamerkan pada launching Gernas BBI Beli Kreatif Danau Toba yang direncanakan pada tanggal 20 Februari mendatang.

“Saya yakin ulos tenun Silalahi Sabungan akan ikut terdaftar. Kita akan membuat kampung ulos, jangan sampai pada saat launching kampung ulos, ulosnya tidak ada disediakan atau bahkan belum selesai untuk diproduksi. Kita harus siap, baik dari segi kualitas dan kuantitasnya”, kata Romy.

Usai pertemuan Romy beserta rombongan dan Pimpinan Cabang Bank Sumut Sidikalang Iwanta Sitepu, langsung melakukan peninjauan ke dusun Sigiro sebab dusun tersebut sangat cocok dijadikan menjadi kampung ulos kebetulan   di dusun tersebut  banyak ibu-ibu berprofesi sebagai penenun. (Kris)