Dairi, (Warta Viral) – Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Silalahi, Kecamatan Silahi Sabungan mengadakan pelatihan penguatan dan studi potensi , Sabtu, (30/1/21) di desa Silalahi.

Kegiatan tersebut diadakan oleh Forum Bumdes Indonesia di Desa Silalahi.

Hadir sebagai narasumber Dr. Farid Aulia, S.Sos, M.Si dari Forum Bumdes Indonesia, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Dairi Drs. Junihardi Siregar, Camat Silahisabungan Hamaska Silalahi, serta Kepala Desa Kecamatan Silahi Sabungan .

Bupati Dairi  Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan  Pemerintah Pusat telah memutuskan untuk melakukan pembangunan yang di mulai dari desa program ini di maksud untuk memberdayakan dan meningkatkan perekonomian di desa.

Oleh karena itu, kata Bupati peran dari setiap para Kepala Desa sangat dibutuhkan guna mendukung suksesnya program dari pemerintah tersebut.

“Untuk para Kepala Desa, mari kita manfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya guna membangun desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan perekonomian desa,” ujar Bupati saat menghadiri penguatan pelatihan Bumdes di Desa Silalahi.

Bupati  mengatakan  peningkatan perekonomian desa dapat dilakukan melalui peran dari setiap Bumdes yang telah dibentuk di masing masing desa, khususnya Bumdes yang ada di Desa Silalahi.

Kelembagaan Bumdes disampaikan Bupati diakui oleh negara yang dapat menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga karena mempunyai kekuatan hukum yang kuat.

Selanjutnya, Bupati  menegaskan Bumdes Desa Silalahi harus mampu mengikuti dan jeli melihat perkembangan perkembangan dan menerapkannya dalam menjalan kan usaha Bumdes terlebih lagi Kecamatan Silahisabungan merupakan salah satu kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) Danau Toba dan dalam menunjang ini kata bupati   perlu diterapkan digitalisasi untuk transaksi non tunai

“Tidak akan ada lagi turis nantinya yang akan membawa uang tunai, peran Bumdes sangat diperlukan untuk percepatan ini seperti penggunaan aplikasi QRIS,” jelasnya dan tambahnya lagi untuk mendukung program tersebut peran camat dan instansi terkait sangat diperlukan.

Ketua Forum Bumdes Indonesia Prof. Dr. R. Hamdani Harahap, M.Si menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati  atas dukungan yang telah diberikan dalam pelaksanaan kegiatan ini dia mengatakan sangat membutuhkan Komitmen dari para Bumdes yang ada di Silahisabungan dengan melakukan  pendekatan untuk  mengubah mindset para pegiat Bumdes. (Kris)