Dairi, (Warta Viral) –  Camat Lae Parira Ratna F Sitanggang bersama dengan Koordinator Lapangan Pengendali OPT, Japantas Damanik, Camat Lae Parira, Ratna F Sitanggang, PPL dan Babinsa bersama Kelompok Tani (KT) melakukan gerakan pengendalian (Gerdal) hama penyemprotan  fungisida di areal persawahan daerah Bulu Duri, Jum’at, (29/01/21).

Penyemprotan fungisida merupakan salah satu upaya meningkatkan produksi pertanian dari gangguan organisme pengganggu tumbuhan (OPT) dan hama.

Di ketahui, OPT dapat menyerang tanaman mulai dari persemaian atau pembibitan sampai panen, bahkan sampai hasil disimpan untuk itu Perlindungan tanaman sangat penting, untuk menjamin kepastian hasil dan memperkecil resiko berproduksi sesuatu tanaman.

Kegiatan ini akan terus dilakukan Petugas Pengendali OPT Kabupaten Dairi dan bekerjasama dengan istansi terkait hingga nantinya paska panen sehingga seluruh tanaman petani aman dari serangan hama. Demikian dijelaskan Koordinator Lapangan Pengendali OPT, Japantas Damanik.

“Hamparan sawah terdampak hama blast diperkirakan mencakup 50 hektar yang masuk dalam tiga kelompok yaitu KT Subur Tani, KT Mandiri dan KT Saoloan Desa Kabanjulu. Harapan kita padi aman dari gangguan hama blast dan OPT hingga panen kelak,” ujar Japantas.

Sementara Rosta Purba mengatakan dari hasil pengamatan Petugas POPT dan PPL, lahan persawahan yang terserang hama blast diperkirakan lebih dari 5 hektar yang terdampak pada tanaman padi jenis varitas mekongga.

“Pengamatan petugas pengamat hama (PHP) luas lahan terserang 5 Ha dan tadi telah disemprotkan fungisida Nordox To. Harapannya, dengan gerdal ini, mudah-mudahan bisa menekan serangan Blast tersebut,” ujar Rosta Purba.

Camat Lae Parita Ratna mengatakan kecamat Lae Parita merupakan salah satu kecamatan penyangga pangan di kabupaten Dairi dengan luas 500 Hektare dan merupakan hamparan terluas di kabupaten Dairi untuk itu katanya lahan ini mesti di jaga dan di kelola dengan baik,dia juga berharap  kegiatan gerdal dapat meningkatkan mutu pertanian di kecamatan Lae parira. (Kris)