Dairi, (Warta Viral) – Bupati Dairi  Eddy Keleng Ate Berutu sebutkan trend nasional angka kasus pasien terkonfirmasi Covid-19 saat ini semakin meningkat di sebabkan kurangnya  disiplinanya masyarakat dalam menjalankan  protokol kesehatan (Prokes).

Akibat peningkatan pasien positif, Bupati Dairi meminta seluruh aparat Pemerintah Kabupaten Dairi untuk menindaklanjutinya dengan menggelar  operasi yustisi untuk menekan laju perkembangan Covid 19 di Kabupaten Dairi.

Tujuan rapat evaluasi  pelaksanaan program  dan kegiatan  tahun 2020  dan penegasan tahun 2021 yang di gelar di Balai Budaya Pemkab Dairi, Rabu (27/1/21) untuk mengukur sejauhmana kemampuan melakukan semua yang tercantum dalam RPJMD sebagai patokan kita dalam menjalankan program.

Rapat Evaluasi turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Drs.Leonardus Sihotang, Asisten Administrasi Umum Drs. Sudung Ujung, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Charles Bancin, ST, M.AP, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Jonny Hutasoit, S.Sos, Kepala Inspektorat Kabupaten Dairi Budianta Pinem, SE, Ak, M.AP, para staf ahli, para Kepala OPD, Camat, Direktur PDAM dan PD Pasar.

Di jelaskan oleh Bupati bahwa berdasarkan hasil pengawasan APIP yang melakukan review dokumen perencanaan dirinya  mendapat informasi ada beberapa hal yang menjadi catatan,yakni sulitnya pencapaian target program yang disebabkan sinkronisasi antara perencanaan belumlah sepenuhnya sesuai dengan prioritas dan sasaran pembangunan yang dijabarkan dalam RPJMD 2019-2024.

Menurut bupati ada pertentangan antara prioritas dan sasaran dalam dokumen perencanaan yang hirarki kedudukannya lebih rendah dengan dokumen perencanaan yang lebih tinggi akibat kurang matang mengikuti program

“Kita sering tergopoh-gopoh dalam mengikuti program-program dari pusat. Berdasarkan evaluasi tahun 2020, sinkronisasi antar perencanaan belum sepenuhnya sesuai dengan sasaran pembangunan di RPJMD. Perencanaan tidak boleh copy paste,”tegasnya .

Pemulihan ekonomi nasional pemerintah fokus pada pemulihan Industri Pariwisata dan Investasi, Reformasi sistem kesehatan nasional, Reformasi sistem perlindungan sosial, dan Reformasi sistem ketahanan bencana.

Sebagai upaya untung k mendukung program tersebut Bupati meminta kepala BAPPEDA, dan seluruh OPD agar berpesan  tetap berpedoman pada Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Dairi sebagaimana yang dituangkan dalam RPJMD 2019-2024 sehingga pada tahap ke 5 diakhir masa RPJMD seluruh prioritas dapat tercapai dan hasilnya dapat diukur demi kepentingan masyarakat. (Kris)