Dairi, (Warta Viral) – Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Dairi Deddy Situmorang SE. M,si di dampingi Sekretaris Dinas Dukcapil Rayambong Sitohang. ST. MAP, Kabid Pemanfaatan Data Inovasi Pelayanan Hetty Nuriaty Pardede SH, beserta beberapa stafnya melakukan peninjauan selama 3 hari di 12 kecamatan sekabupaten Dairi.

Di katakan Dedy peninjauan di lakukan sesuai dengan program bupati yakni menuju Dairi unggul untuk  mempersiapkan sarana dan prasarana TPDK (tempat perekaman data penduduk) kantor camat yang di mulai senin dikecamatan siempat nempu denvan ibu camat Iis hamidah ujungS os. M. AP, Camat Tigalingga Timbul Sahala SH, Camat Sidikalang Robot Manullang. SAB. MAB.

Dihari kedua, Selasa Kecamatan Sumbul dengan Camat Rimson Simamora S. Sos, Silalahi Sambungan Hamaska Presdi Ardianto Silalahi S. Pt. MM, Pegagan Hilir Abdimar Jahotlen Tamba S Sos, Kecamatan Sitinjo, Nelfita Tanjung, Kecamatan Parbuluan.

Pada hari ketiga Rabu,  Kecamatan Tanah Pinem Sion Sembiring SST. M, Biomed. Kecamatan Siempat Nempu Landong Napitupuluh S. Ip, Gunung Sitember.

Kadis Dukcapil menerangkan maksud dan tujuan meninjau TPDK persiapan cek in ricek seluruh kecamatan se-kabupaten Dairi untuk nantinya dapat memenuhi pelayanan kepada masyarakat Dairi dalam urusa dokumen administrasi kependudukan. Pelayanan dikecamatan dapat lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat hingga lebih efektif, dan efisien. Dakam tiga hari ini kami sudah mengunjungi 12 kecamatan ,tutur Eddy.

Dalam hal ini cetak ktp, kk, akte kelahiran, akte perkawinan, urusan pibdah datang nantinya sudah dapat di kecamatan masing masing, jekas kadis dukcapil.

Kadis Dukcapil Dairi juga melaksanakan program jempol (jemput bola) kedesa desa sebagai penguatan TPDK ini yang merupakan program unggulan bupati Dairi Eddy keleng ate Berutu dalam mewujudkan visi Dairi unggul. Mengimplementasikanmisi ke 5 dalam meningkatkan kualitas infrastruktur daerah dan pelayanan administrasi publik yang transparan dan akuntabel dengan pemanfaatan tehnologi imfirnatikayang diharapkan pelayanan publik khususnya administrasi kependudukan. (Kris)