Dairi, (Warta Viral) – Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia Kabupaten Dairi resmi dikukuhkan periode 2019-2020, Sabtu (19/12/2020), pengukuhan berlangsung di gedung Balai Budaya Sidikalang, Kabupaten Dairi.

Turut Hadir di acara pengukuhan tersebut Ketua DPRD, Sabam Sibarani, Wakapolres Kompol David Silalahi, mewakili Dandim, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Mahadi Kudadiri, Ketua Bawaslu, Jadi Berutu sejumlah anggota DPRD Dairi serta perwakilan dari OKP.

Alfryansyah Ujung ditunjuk sebagai Ketua, Sekretaris Sastra Lingga, dan Bendahara Henry Sabandi Habeahan. Pengurus dan Anggota dikukuhkan oleh Wakil Ketua DPD KNPI Sumatera Utara Ikbal Hanafi Hasibuan, dalam Sambutannya Ikbal mengatakan, patut disyukuri di masa pandemi, masih bisa melakukan acara pengukuhan dan berjalan dengan baik. Disebutkannya lagi, Dairi punya potensi yang besar dan tidak diragukan lagi, KNPI Dairi bisa bersinergi dengan Pemerintahan Kabupaten Dairi.

“knpi harus bisa mengisi serta memanfaatkan kesempatan untuk mengelola potensi besar seperti sektor pertanian dan pertambangan”Sebut Ikbal

Seperti yang disampaikan bahwa KNPI Sumut telah membentuk Kooperasi. Pembaga itu bisa menamping apa yang bisa dikerjakan pemuda Dairi. Kooperasi KNPI Sumut siap bermitra dengan KNPI Kabupaten Dairi.

Alfriansyah Ujung mengaku jabatan Ketua DPD KNPI ini sebuah amanah. Kepengurusan DPD KNPI sudah terbentuk tahun lalu, namun pelantikan terlambat karena sejak diawal tahun, terjadi pandemi corona sehingga pelantikan urung dilakukan.

Kepengurusan yang sudah terbentuk telah melakukan berbagai kegiatan membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19, serta kegiatan olahraga. Diharapkan pandemi segera berakhir supaya geliat ekonomi masyarakat Dairi kembali normal.

Alfryansyah lebih lanjut menegaskan, KNPI siap menjadi mitra mewujudkan visi- misi Pemkab Dairi menuju Dairi Unggul. KNPI berhimpun dalam mewujudkan Pemuda Dairi yang Unggul, Mandiri, Inovatif dan Bermartabat.

Sementara itu, Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu yang hadir menuturkan, pemuda punya peran penting dalam pembangunan bangsa. Pandemi Covid-19 telah merusak sektor ekonomi.

Untuk itu, katanya, pemerintah dan pemuda harus saling bersinergi dan kontribusi. Ia mengajak pemuda menangkal hoaks. “semua pemuda dan ormas di Dairi dapat menangkal hoaks dan lainnya,”ucapnya.

Di samping acara DPD KNPI Kabupaten Dairi menyerahkan tali asih kepada tiga (3) penyandang disabilitas yang berasal dari kecamatan sitinjo (Kris)