Dairi, (Warta Viral) – Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Dairi yang di selengarakan di Gedung DPRD Dairi Pada hari Rabu,16/12 lalu, sebanyak enam Ranperda Kabupaten Dairi secara resmi disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Rapat yang dipimpin oleh Ketua DPRD Sabam Siabarani, S. Sos didampingi Wakil Ketua DPRD Dairi, Halvensius Tondang dan Wanseptember Situmorang, SH .Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dan Forkopimda serta jajaran Pemkab Kabupaten Dairi turut hadir.

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan rasa terima kasihnya dan mengapresiasi perhatian jajaran DPRD Kabupaten Dairi kerja keras dan sinergitas bersama, mulai dari pembukaan masa sidang sampai dengan penyampaian pendapat fraksi dapat terselenggara dengan baik kemudian ditindaklanjuti dengan Penandatanganan Keputusan Bersama DPRD dengan Bupati Dairi atas 6 (enam) Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Dairi yang sudah di selesaikan dengan baik sesuai jadwal yang telah ditentukan.

“Keenam Rancangan Peraturan Daerah yang telah kita setujui bersama selanjutnya akan kita sampaikan kepada Gubernur Sumatera Utara untuk proses evaluasi kemudian akan ditetapkan menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Dairi, “ucap Ekab

Edy menambahkan , tentu ada saja terjadi perbedaan pendapat dalam pembahasan rancangan peraturan daerah antara pihak eksekutif dengan anggota dewan yang merupakan dinamika penyelenggaraan pemerintahan yang tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Dairi.

Adapun keenam Raperda yang disahkan menjadi Perda, yang merupakan prakarsa DPRD dan pihak eksekutif, yakni Rancangan Peraturan Daerah tentang Pengarusutamaan Gender, Rancangan Peraturan Daerah tentang Penanaman Modal, Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Dairi Tahun 2020-2034, Rancangan Peraturan Daerah tentang Pembinaan Usaha Jasa Konstruksi dan Rancangan Peraturan Daerah tentang Perlindungan Anak serta Rancangan Peraturan Daerah tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah yang merupakan perda inisiatif DPRD.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Kabupaten Dairi Depriwanto Sitohang menyampaikan telah selesai membahas 7 (tujuh) Rancangan Peraturan Daerah bersama Eksekutif. Adapun hasil-hasil pembahasan telah kami sampaikan pada Rapat Internal DPRD Kabupaten Dairi untuk diteruskan di paripurna untuk mendapat persetujuan oleh fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Dairi.

Dalam sidang paripurna tersebut juga diputuskan penundaan pembahasan Ranperda tentang Perusahaan Umum Daerah Pasar Kabupaten Dairi. (Kris)