Dairi, (Warta Viral) – Kurang lebih sebanyak 80 KK warga penduduk jalan Peasanggar Dusun III dan Dusun IV, Desa Kalang terpaksa menggunakan bambu dan kayu dengan seadanya sebagai pengganti tiang listrik untuk menyangga kabel sehingga terkesan kumuh dan rawan serta di khawatirkan dapat menimbulkan korban karena sering putus karena tersangkut muatan mobil.

Warga mengaku sudah 10 tahun lebih menggunakan bambu sebagai pengganti tiang listrik sejak kepemimpinan Bupati lama Jhonny Sitohang dan sudah 3 kali pergantian Camat namun hasilnya tidak pernah terealisasi sama sekali.

Mirisnya, Desa ini pernah menjadi salah satu daerah kampanye pasangan Edy-Jimmy kala itu di mana pada saat itu Edy Keleng beserta rombongannya pernah kampanye dengan berjalan kaki menyapa warga dengan penuh pesona dan itu di buktikan dengan kemenangan mutlak pasangan Edy – Jimy di Desa Kalang untuk itu harapan satu-satunya warga untuk memiliki tiang listrik adalah di jaman kepemimpinan Bupati Dairi Edy Keleng Ate Berutu sesuai dengan motto perubahannya.

Kepala Dusun IV Bernat Lubis menyebutkan kurang lebih 80 Kepala Keluarga yang mendiami jalan peasanggar belum memiliki tiang listrik sedangkan untuk lampu penerangan jalan masih mengandalkan penerangan dari rumah warga atau lampu pribadi.

“Terdapat kurang lebih ada sebanyak delapan puluh KK tinggal di sana dan setiap kali ada rapat atau musyawarah kita selalu mengajukan pemasangan tiang listrik dan hal itu sudah berulang kali kita lakukan ” ujar Bernat kepada media ini, Jumat, (04/12/2020) di kantor Desa Kalang.

Hal senada juga di sampaikan oleh Salah seorang tokoh masyarakat jalan peasangggar yang mengaku sudah puluhan tahun tinggal di Peasanggar dan yang pertama sekali bertempat tinggal di tempat itu, dia mengatakan, bahwa mulai dari dulu pengajuan pemasangan tiang listrik sudah sering di sampaikan kepada pemerintah daerah tetapi hasilnya tidak pernah ada.

Di beritahukannya juga karena menggunakan tiang bambu kabel listrik sering putus akibat tersangkut oleh mobil atau karena muatan mobil dan bahkan pernah sampai menimbulkan percikan api.

“Dulu pernah putus karena tertarik oleh muatan mobil dan menimbulkan percikan api dan kejadian seperti itu sudah sering terjadi ” jelas M Siringo-Ringo. (Kris)