Dairi, (Warta Viral) – Kegiatan sosialisi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau istilah kerennya menuju new normal Kementrian Parawisata dan Ekonomi Kreatif Badan dan Pengelola Otorita Danau Toba (BPODT) bekerjasama dengan Dinas Pariwisata, Budaya dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Dairi melaksanakan kegiatan bersih-bersih lingkungan danau Toba di kawasan lokasi Wisata Tao Silalahi Silahisabungan bersama dengan masyarakat setempat serta berbagai elemen masyarakat pecinta danau Toba lainya seperti PP, IPK, Komunitas Masyarakat Danau Toba (KMDT)YPDT dan para pegiat usaha yang ada di sekitar Tao silalahi pada hari Sabtu (28/11/2020) lalu.

Kasi Pengembangan Kapasitas SDM Disparbudpura Monsanda Tampubolon mengatakan, dengan pola hidup baru yang akan di terapkan di kawasan Wisata Tao Silalahi dalam menyambut para wisatawan di harapkan dapat mengundang simpatik para pegiat wisata dan dengan demikian kunjungan wisata ke kawasan danau Toba secara khusus ke kawasan wisata Tao Silahi Sabungan akan meningkat dan merasakan kenyamanan kawasan Geopark Danau Toba di kecamatan Silalahi Sabungan dan untuk mewujudkan hal itu di butuhkan kerja sama yang baik antara masyarakat dan pemerintah.

Kadis Parbudpora Dairi Mahadi Kudadiri mengatakan, bahwa salah salah satu sasaran wisata di kabupaten Dairi adalah Silalahi nabolak karena daerah ini merupakan daerah super prioritas dikawasan Danau Toba.

“Ini akan menjadi komitmen bersama, bahwa Tao Silalahi menjadi bersih, sehat dan bisa menjadi tujuan wiasata di Sumatera Utara khususnya Kabupaten Dairi,” tegas Mahadi.

Ditambahkannya, bahwa Pemkab Dairi menyambut baik kebijakan yang telah dilakukan oleh Direktur BPODT, Arie Prasetyo sehingga Tao Silalahi menjadi super prioritas, kemudian dia menghimbau untuk bersatu bersama-sama menjaga kelestarian tao Silalahi untuk menciptakan pesona pantai Silalahi

Disebutkan Monsanda, melalui kegiatan yang dilaksanakan masyarakat bisa menyambut kunjungan wisatawan baik itu dosmetik maupun manca negara nantinya.

Dengan adaptasi kebiasaan baru ini diharapkan dapat meyakinkan kepada para pengunjung maupun calon pengunjung, bahwa Tao Silalahi atau kawasan geopark Danau Toba di Silahisabungan ini betul-betul nyaman dan aman untuk dikunjungi bagi para wisatawan.

Selain kegiatan kebersihan dan pertunjukan theatrical dan objek-objek wisata kata monanda perlu juga di tunjukkan potensi lainnya seperti keanekaragaman budaya, zoologi dan kulinernya, juga dilaksanakan pemasangan banner untuk memasyarakatan AKB.

Sementara, Kadis Parbudpora Dairi Mahadi Kudadiri sebelumnya dalam sambutannya mengatakan, Silalahi nabolak merupakan tujuan wisata yang sangat dibanggakan masyarakat Kabupaten Dairi, karena menjadi daerah super prioritas dikawasan Danau Toba.

“Ini akan menjadi komitmen bersama, bahwa Tao Silalahi menjadi bersih, sehat dan bisa menjadi tujuan wiasata di Sumatera Utara khususnya Kabupaten Dairi,” ujarnya.

Pemkab Dairi menyambut baik apa yang telah diperbuat Direktur BPODT, Arie Prasetyo, karena telah menggulirkan sebagian kebijakan untuk menjadikan Tao Silalahi menjadi super prioritas. (Kris)