Dairi, (Warta Viral) – Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Utara pada, memberikan bantuan benih bawang merah sebanyak 15 ton di Kantor Bupati Dairi, Senin (23/11/2020).

Bantuan benih tersebut, diterima langsung oleh Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu di dampingi oleh Wakil Bupati Dairi Jimmy Andrea Lukita Sihombing, SH serta Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Dairi Ir.Effendi Berutu bantuan tersebut merupakan Dana Refocusing tahap II yang bersumber APBD Provinsi Sumatera Utara.

Eddy Keleng mengatakan, tujuan pembagian bantuan benih bawang terkait merupakan salah satu langkah pemerintah pusat dan daerah untuk melakukan pemulihan ekonomi nasional (PEN) akibat dampak penyebaran pandemi covid-19.

Disebutkan oleh Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu terkait dengan kegiatan tersebut Gubsu telah melakukan pemetaan di 33 Kabupaten / Kota Provinsi Sumatera Utara, dan dari pemetaan tersebut terlihat daerah mana yang sangat kekurangan akan komoditi pangan dan daerah mana yang kelebihan akan komoditi pangan.

“Dari pemetaan itulah di ketahui daerah yang betul- betul kekurangan komoditi dan setiap daerah saling bahu membahu untuk melakukan produksi komoditi pangan yang kurang tersebut,” jelas Edy

Di tambahkan Edy, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menilai dairi memiliki petani bawang yang tangguh sehingga pemprovsu sangat tertarik untuk memberikan bantuan bibit bawang merah salah satu yang dimaksud oleh pemprovsu adalah Kecamatan Parbuluan yang terkenal dengan petani bawangnya .

Dengan adanya bantuan benih bawang tersebut di harapkan bisa memacu semangat para petani khususnya petani bawang untuk meningkatkan perluasan penanaman bawang bawang merah agar produksinya semakin meningkat

Bantuan benih bawang merah tersebut akan di bagikan kepada 6 Kecamatan, yakni Sidikalang, Parbuluan, Sumbul, Pegagan Hilir, Sitinjo serta Siempat Nempu Hulu. Edy mengatakan, selain fokus pada pengembangan kopi dan jagung, Pemerintah Kabupaten Dairi juga fokus untuk pengembangan bawang merah yang juga mengikuti kebijakan strategi dari Pemerintah Pusat seperti halnya Food Estate yang mengidentifikasi komoditi komoditi yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia, namun juga dibutuhkan oleh masayrakat Internasional.

Selain bantuan benih bawang merah, Kabupaten Dairi juga mendapatkan bantuan berupa pupuk kandang sebanyak 45 ton, likat fero (perangkap hama) bawang dan pupuk hayati cairi masing masing 15.000 liter.

Dalam kesempatan itu Kepala Seksi Sertifikasi Benih Sautdin Sitorus Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Utara mengatakan, bahwa Dairi mendapat 2 varietas benih bawang merah yaitu varietas Maja Cipanas dan varietas batu ijo.dia juga menjelaskan dari 20 Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara Dairi merupakan salah satu kabupaten yang mendapatkan bantuan. (Krist)