Tapteng, (Warta Viral) – Warga masyarakat dihimbau memberikan dukungan moril dan menghentikan bully kepada satu warga Kabupauten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, dinyatakan positif berdasarkan pemeriksaan rapid test.

Sebelumnya pasien sempat dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pandan dan dirujuk ke Rumah Sakit Bunda Thamrin Medan pada Kamis, 16 April 2020 pukul 17.00 WIB.

“Kami minta masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) hentikan kritik dan buly yang marak di medos kepada pasien positif Corona. Marilah kita memberikan dukungan moril dengan menularkan virus kemanusiaan. Dia juga saudara kita, hentikan semua itu,”ujar Ketua LSM LP Tipikor Jonathan Pasaribu kepada Warta Viral, Sabtu (18 April 2020).

Permintaan dan himbauan Jonathan ini mengingat saat ini cukup banyak warga yang memberikan komentar negative, membuliy pasien positif Covid –19 ini.

Sebelumnya, Ewiyah Laili selaku Kepala Bidang Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Tengah melaporkan kepada Kadis Kesehatan dan juga Bupati Tapteng, dan pasien tersebut dibawa ke Rumah sakit Umum Daerah Pandan, sorenya langsung dibawa ke rumah sakit Medan.

Ewiyah menjelaskan, pihaknya langsung melakukan tracing di wilayah pasien yang dinyatakan positif hasil rapid test tersebut melalui puskesmas terutama bagi keluarga yang melakukan kontak erat dengan pasien.

Pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan kesehatan kembali bagi keluarga pasien setelah menjalani isolasi diri selama 14 hari dan akan dipantau setiap harinya oleh pihak puskesmas. (Rekson)