Jalan Lintas Sidikalang-Medan Dijebol

Jalan Lintas Sidikalang-Medan Dijebol

635
0
BERBAGI

Dairi, (Warta Viral) – Dikhawatirkan menggangu keselamatan pengguna jalan, sehari setelah longsor Selasa, (5/1/2021) jalan lintas sidikalang Medan di Dusun Hutatikka Desa Panji Bako Kecamatan Sitinjo di jebol oleh Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Provinsi Sumatera Utara , Rabu, (6/1/2021).

Tujuan penjebolan jalan lintas provinsi ini di lakukan untuk mengalirkan debit air yang semakin meninggi pada sebuah areal persawahan yang berada persis di samping jalan yang longsor.

Debit air yang semakin meninggi akibat penyumbatan pada pada gorong-gorong jalan ini dikhawatirkan dapat menggangu keselamatan pengguna jalan sebab kondisi jalan sudah retak dan hampir putus.

“Mungkin tersumbat makanya air sawah semakin banyak dan sudah mulai sampai ke jalan , sawah dan jalan ini masih masuk desa panji bako, ” ujar Boru Tumorang kepada Warta Viral.

Kasat Lantas Polres Dairi AKP Herliandiri, SH, saat di temui Warta Viral di lokasi Longsor menyebutkan, adanya pekerjaan jalan di objek longsor yaitu di jalan lintas Medan Sidikalang yang dilakukan oleh pihak Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional.

Menurut Kasat bahwa pekerjaan yang saat ini dikebut oleh balai besar tersebut akan memakan waktu lebih kurang 2 sampai dengan 3 hari, untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan.

Dikatakan oleh Kasat jajaran Satlantas Polres Dairi telah melakukan rekayasa arus lalulintas one way (jalur satu arah).

“Kendaraan yang datang dari Medan mengarah ke Sidikalang kami lakukan pengalihan arus melalui dusun Lae si Rambon Desa Sitinjo tembus ke jalan Rimo Bunga, kemudian sebaliknya dari arah Sidikalang menuju arah Medan dialihkan melalui dusun Huta Tikka Desa Panji Bako tembus ke jalan KLK .” jelasnya.

Dia menambahkan , untuk kendaraan mobil pribadi dan pick up yang kecil di lakukan pengendalian arus melalui jalur dalam sedangkan untuk kendaraan yang volumenya tinggi seperti truk dan mobil tangki di lakukan pengalihan arus dari Simpang Salak mengarah ke Tiga Lingga lanjut tanah Pinem tembus ke Tiga Binanga menuju Kaban Jahe sebaliknya juga kendaraan yang bervolume tinggi seperti truk dan mobil tangki yang datang dari arah Medan menuju Sidikalang di alihkan melalui jalur yang sama.

Dan terkait dengan pengalihan arus lalu lintas dia mengaku pihaknya telah terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan Satlantas Polres Tanah Karo dan kami sudah koordinasi dengan Satlantas Polres Tanah Karo, arus lalu lintas dari tanah Karo juga kita alihkan melalui Tiga Binanga ,Tanah Pinem , Tiga Galingga keluar ke Sidikalang dan sampai dengan saat ini situasi arus lalulintas masih aman, lancar terkendali dan kondusif, ujar Kasat.

” Kepada masyarakat pengguna jalan kami sampaikan agar tetap mengikuti aturan perilaku lintasan yang di lakukan oleh pihak Lantas Polres Dairi, perbanyak bersabar dan tertib berlalu lintas, ikuti rambu -rambu yang ada sehingga kedua arah dari sidikalang menuju Medan dan sebaliknya Medan Sidikalang semuanya berjalan dengan lancar karena kita buat one way (satu jalur ) dari Medan menuju Sidikalang kita buat jalur khusus begitu juga dari Sidikalang Medan jalur khusus jalur yang berbeda sehingga tidak ada pertemuan kedua belah arah dan semua sudah normal berjalan dengan baik dan aman, tutup Kasat. ( Kris )

 

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY