Kios Sudah Lunas Disuruh Menyewa, Pedagang Demo Bupati Dairi

Kios Sudah Lunas Disuruh Menyewa, Pedagang Demo Bupati Dairi

182
0
BERBAGI

Dairi, (Warta Viral) – Ratusan masyarakat yang mengatasnamakan Pedagang Pasar Sidikalang (P3S) serbu kantor Pemkab Dairi pada Senin (26/10/2020) sekitar pukul 10.00 WIB.

Kedatangan pengunjukrasa adalah untuk menolak peraturan baru yang di keluarkan oleh Bupati Dairi Edy Keleng Ate Berutu tentang sistem sewa pasar sidikalang setelah terlebih dahulu berdialog dengan Asisten Administrasi Pemerintah Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara, Jonni Hutasoit serta Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Eddy Banuarea.

Akhirnya demo yang di nominasi kaum Ibu-ibu (inang-inang) ini langsung diterima oleh Bupati Dairi, Eddy Kelleng Ate Berutu di Halaman Pemkab Dairi.

Hasil pantauan Warta Viral, para pedagang tampak berjalan kaki mulai dari Pusat Pasar Sidikalang menuju Kantor Bupati Dairi.

Setiba di Kantor Bupati, dalam orasinya yang di sampaikan oleh Simajuntak sebagai orator mereka (pedagang) merasa keberatan atas surat bupati tentang persetujuan sewa pasar yang di nilai oleh pedagang tidak berpihak kepada pedagang dan sangat memberatkan para pedagang .
Para pedagang beralasan telah membeli lapak tersebut namun tiba-tiba mereka di suruh untuk mencicil lapak bangunan (kios) yang telah lama mereka lunasi kepada pihak bank Sumut dan bahkan para pedang yang telah melunasi kios di sebut sebagai penyewa.

Dalam tuntutannya ada empat poin yang di sampiakan oleh oratornya ,yaitu, menghilangkan istilah sewa kios, segera terbitkan Kartu Izin Berdagang, dan Pedagang siap membayar retribusi kebersihan serta segera ditetapkan Direksi PD Pasar.

“Masak kios pasar yang sudah kita lunasi di suruh lagi menyewa .? jelas kita tolak lah dulu waktu jaman pak Tumanggor saat pembangunan pasar Blok A dan B, pernah berjanji jika pasar tersebut bisa diwariskan ke anak-cucu para pedagang ,itu berarti kami ini bukan penyewa ” ujar salah seorang inang-inang peserta aksi demo .

Dalam Surat Bupati Dairi, Eddy Kelleng Ate Berutu, Nomor 511.2/4786 tanggal 7 Oktober 2020 tentang Persetujuan Masa dan Besaran Tarif Sewa Kios blok A dan B Pasar Sidikalang di sebutkan bahwa masa sewa Oktober 2020 sampai dengan September 2021 dan Keputusan Direksi PD. Pasar Nomor 45/PD.Pasar/X/2020, tanggal 8 Oktober 2020 tetang Penetapan Harga Sewa Kios Blok A dan B Pasar Sidikalang.

Hal inilah yang di nilai oleh pedagang yang sangat memberatkan bagi mereka. Menjawab keberatan para pedagang ,ekab mengatakan dirinya tidak dapat mengambil keputusan secara sendiri-sendiri mengingat pasar sidikalang adalah salah satu aset negara.

Untuk itu Edy mengatakan akan konsultasi lebih dahulu dengan anggota DPRD Kab Dairi dan menugggu hasil kajian hukum tentang keputusan bupati Bupati akhirnya menyepakati tuntutan pedagang seraya memerintahkan dan memberi batas waktu selama satu bulan kepada Sekretaris Daerah, Asisten Satu dan Inspektur serta Plt. Direktur PD Pasar untuk melakukan pengkajian Untuk itu, berikan kami ruang untuk melakukan kajian. (Kris)

TIDAK ADA KOMENTAR

Comments are closed.