Demo Buruh 2 Hari Ini Rupiah Tetap Masih Perkasa

Demo Buruh 2 Hari Ini Rupiah Tetap Masih Perkasa

137
0
BERBAGI

Jakarta, (Warta Viral) – UU Omnibus Law Cipta Kerja terus mendapat penolakan. Hari ini Kamis (08/10/2020) ribuan mahasiswa yang bakal melakukan aksi menyuarakan penolakan di Istana Merdeka.

Meski sedang terjadi demo besar, nilai tukar rupiah nyatanya masih perkasa, sebab UU Cipta Kerja membuat iklim investasi di dalam negeri membaik.

Head of Research Division PT BNI Sekuritas, Damhuri Nasution mengatakan pengesahan UU Cipta Kerja akan menjadi salah faktor yang akan meningkatkan iklim investasi.

Pasalnya, beberapa lembaga internasional, masalah ketenagakerjaan di Indonesia selama ini merupakan salah satu faktor yang dinilai kurang bisa bersaing dibandingkan dengan negara-negara tetangga kita.

“Memang dengan pengesahan ini tidak serta merta arus investasi asing langsung meningkat pesat, melainkan masih perlu beberapa waktu ke depan. Terlebih dengan adanya pandemi ini yang membuat perekonomian global dan domestik masih terpuruk dalam, kegiatan investasi diperkirakan masih sangat terbatas,” kata Damhuri.

Sehingga ke depannya aliran modal bisa masuk lebih deras ke dalam negeri, yang tentunya menguntungkan bagi rupiah.

Melansir data Refinitiv, hingga pukul 14:03 WIB, rupiah tercatat menguat 0,14% ke Rp 14.690/US$ di pasar spot, sementara Selasa kemarin penguatan tercatat sebesar 0,54%, bahkan sempat menguat hingga 1,28% di awal perdagangan.

REKAYASA DEMO

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yugo mengatakan, rekayasa arus lalin di sekitaran Istana Merdeka sifatnya situasional. Dimana, bila terjadi penumpukan massa aksi, maka kendaraan yang akan melintasi depan Istana Merdeka akan dialihkan sesuai rekayasa yang telah dibuat.

“Kami sudah menyiapkan rekayasa lalin. Ya sifatnya situasional,” kata, Kamis (8/10/2020)

Sambodo membeberkan gambaran rekayasa lalin di sekitaran Istana Merdeka, saat berlangsungnya demo siang nanti. Berikut rekayasa arus lalin di sekitaran Istana Merdeka yang disiapkan Polri :

1. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jl Veteran III diluruskan ke TL Harmoni;

2. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira;
3. Arus lalu litas dari Jl Ridwan Rais yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur;

4. Arus lalu lintas dari Jl MH Thamrin yang akan menuju ke Bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau ke kanan ke Jl Kebon Sirih;

5. Arus lalu lintas dari Jl Abdul Muis yang akan belok kiri ke Jl Budi Kemuliaan diluruskan ke Jl Fachrudin dan arus lalin dari Jl Fachrudin yang akan belok kanan ke Jl Budi Kemuliaan diluruskan ke Jl Abdul Muis; (Rekson)

TIDAK ADA KOMENTAR

Comments are closed.