Penanggulangan Covid-19 di Desa Kuta Tengah Tidak Efektif

Penanggulangan Covid-19 di Desa Kuta Tengah Tidak Efektif

330
0
BERBAGI

Dairi, (Warta Viral) – Penyemprotan disinfektan di anggarkan sebanyak 24 kali, tetapi hanya 12 yang terealisasi.

Upaya penanggulangan covid-19 di Desa Kuta Tengah, Kecamatan Siempat Nempu, Kabupaten Dairi di nilai kurang efektif.

Pasalnya sebagian anggaran yang telah di anggarkan untuk penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah penduduk tidak terealisasi dengan semestinya sehingga anggaran menjadi tersisa.

Untuk di ketahui, Pemerintah Kuta Tengah dengan menganggarkan anggaran sebesar Rp 118 juta selama 6 bulan untuk penanggulangan covid 19 di desa tersebut dengan berbagai jenis kegiatan seperti pembelian masker, pembuatan posko , pengadaan bahan-bahan disinfektan serta kegiatan penyemprotan di posko dan penyemprotan ke rumah-rumah warga.

Untuk kegiatan penyemprotan ke rumah warga Pemerintah Desa Kuta Tengah telah mengalokasikan anggaran untuk 24 kali penyemprotan . Namun di dalam pelaksanaannya penyemprotan ke rumah warga hanya di lakukan sebanyak 12 kali saja. Seperti di tuturkan oleh Sekdes Desa Kuta Tengah kepada media ini, Senin (06/10/2020) di Kantor Desa Kuta Tengah.

Dikatakannya, kegiatan penanggulangan covid 19 di desanya diadakan selama 6 bulan yang di mulai dari bulan April hingga bulan September 2020 dengan besaran anggaran sebesar Rp 118 .000.000 ( seratus delapan belas juta rupiah ).

Kegiatan tersebut diuraikan oleh Sekdes berupa pembuatan 1 unit posko, penyemprotan ke rumah sebanyak 24 kali penyemprotan serta pembagian masker sebanyak 5000 buah tetapi dari 24 kali penyemprotan yang telah di anggarkan di sebutnya hanya 12 kali yang terealisasi.

Namun sekdes tidak dapat menguraikan besaran pengeluaran biaya pada tiap satu kali aksi kegiatan penyemprotan . “Tidak tahu pak karena itu di anggarkan per enam bulan ” singkatnya.

Saat di tanya lebih lanjut lagi, sekdes enggan untuk memberikan tanggapan.” Biar lebih jelasnya langsung dengan kepala desa aja pak ,takut salah nanti ‘ pintanya seraya menambahkan jika Semua program penanggulangan covid-19 di desa Kuta tengah telah sesuai dengan hasil evaluasi Kecamatan Siempat Nempu Hulu .

Pada hari yang sama, Camat siempat Nempu Hulu Iis Hamidah Ujung ketika di hubungi oleh media ini melalui pesan WA menyebutkan bahwa anggaran penanggulangan di desa Kuta tengah telah melalui evaluasi kecamatan dan dan sesuaikan dengan kebutuhan desa.

“Yang jelas kita mengevaluasi sesuai dengan kebutuhan desa ” pungkas Iis. ( Kristoni )

TIDAK ADA KOMENTAR

Comments are closed.