Kukerta Mahasiswa UNRI Bantu Penanganan Covid – 19 di Dairi

Kukerta Mahasiswa UNRI Bantu Penanganan Covid – 19 di Dairi

294
0
BERBAGI

Dairi, (Warta Viral) – Mahasiswa angkatan 17 Universitas Riau ( UNRI ) melakukan kuliah kerja nyata dengan mendaftarkan diri sebagai tim relawan di Kabupaten Dairi tepatnya di Desa Kalang , Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi.

Kegiatan mereka ini merupakan suatu kegiatan nyata yang di setarakan sebagai pengganti mata kuliah kukerta (kuliah kerja nyata bagi mahasiswa, mahasiswi UNRI yang tergabung di dalam Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) .

Pada tanggal 18 Mei 2020 bulan lalu tim yang di beri nama Tim Relawan Kukerta Lawan covid-19 resmi di tetapkan dan di terima oleh Kepala Desa Kalang Singkat Nababan sebagai anggota tim Gugus Tugas.

Tim ini beranggotakan mahasiswa dan mahasiswi yang terdiri dari fakultas yang berbeda, antara lain : Damianus Nainggolan ( statistika ,fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam ), Luspanri Simamora (Kehutanan , Fakultas Pertanian ) , Susi Sitanggang ( Pendidikan Masyarakat, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan ), Karisma Siregar ( Agri Bisnis ,Fakultas Pertanian ).

Selama melakukan Kukerta di Desa Kalang , tim yang di awaki mahasiswa asal Kabupaten Dairi ini selalu terlibat aktif dalam kegiatan tim satgas penangangan /antisipasi covid 19 di Desa Kalang sehingga keberadaan mereka sangat banyak membantu pemerintah Desa Kalang didalam penanganan covid-19 dan kegiatan lainnya.

Tim yang beranggotakan dua mahasiswa dan dua mahasiswi ini selalu aktif melakukan penjagaan di posko tanggap darurat covid-19 Desa Kalang dan turut serta melakukan pendataan terhadap warga yang datang dari luar daerah dan juga melakukan pendataan terhadap pendatang yang datang dari luar Provinsi dan Luar Negeri.

Selain itu juga, mereka turut aktif di dalam kegiatan sosial lainnya seperti melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga, penyerahan bantuan langsung tunai (BLT ), penyaluran bantuan sembako Provinsi dan juga membuat pemasangan Plang Nama Jalan di beberapa gang yang ada di Desa Kalang . dan untuk sekedar di ketahui bahwa pembuatan plang jalan tersebut merupakan salah satu program kegiatan inti mereka ( Tim kukerta UNRI ).

“Pembuatan plang jalan adalah satu program kegiatan inti kita dalam kukerta ” ujar Karisma kepada media ini, ( Selasa 07/07/2020).

Sisi lain dari kegiatan Kukerta , Keempat anak didik UNRI ini juga berupaya menunjukkan jati diri kearifan lokal dengan membuat spanduk edukasi pencegahan penyebaran covid-19 di Desa Kalang, yaitu menyelipkan kata-kata anjuran unik bernuansa bahasa daerah Batak Toba.

Beta ita jaga diri dohot keluarga Sian virus Corona (covid-19),” jot jot mambasuh tangan pakke sabun, i jabu sajo ma molo naeng kaluar pe ala na petting Hian ma, i pakke ma maskerna, unang manjama bohi molo daong ias Dope tanganna ” .

Dalam mengabdikan diri selama 45 hari di Desa Kalang , kegiatan kukerta di nilai sangat banyak memberikan manfaat terhadap masyarakat, Kepala Desa Kalang Singkat Nababan yang juga sekaligus Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Desa Oalang menilai positif dan mengapresiasi program-program yang telah di perbuat oleh mahasiswa dan mahasiswi putra Dairi ini.

“Program kerja relawan kukerta memberikan manfaat dan berbuah positif, yang mana telah memberikan contoh edukasi terhadap masyarakat , dan semoga anak-anak kukerta unri bisa menjadi contoh tauladan bagi masyarakat yang terkandung di dalam Tri Dharma perguruan tinggi yaitu, ‘ pengabdian masyarakat ” ujar singkat di kantor Desa Kalang , baru-baru ini. (Kristo)

TIDAK ADA KOMENTAR

Comments are closed.