Keterlambatan Pencairan BST APBD Kabupaten tahap II Terbentur Penertiban Administrasi

Keterlambatan Pencairan BST APBD Kabupaten tahap II Terbentur Penertiban Administrasi

236
0
BERBAGI

Dairi, (Warta Viral) – Bantuan Sosial Tunai (BST) Kabupaten tahap ke II yang di salurkan oleh pemerintah melalui kelurahan yang di cairkan lewat rekening Bank Rakyat Indonesia (BRI) tak kunjung cair sehingga membuat masyarakat penerima manfaat menjadi bertanya-tanya.

Pasalnya, BST yang penyalurannya non rekening sudah dicairkan dan bahkan sudah hampir memasuki pencairan tahap ke III.

Tekait dengan ini ,Petugas Bansos BRI Sidikalang Makmur Sihombing ketika di konfirmasi melalui sambungan telepon seluler pada hari Jumat tanggal 03 Juli 2020 mengatakan, , keterlambatan tersebut di karenakan pihak BRI sedang menunggu informasi dari Dinas Sosial.

“Kita lagi menunggu instruksi dari Dinas Sosial karena saat ini mereka sedang melakukan pendataan ” ujar Makmur Sihombing.

Seperti di ketahui Pemerintah pusat telah mengeluarkan BST untuk membantu masyarakat yang terkena dampak covid-19 berupa uang tunai sebesar Rp 600.000 untuk satu kepala keluarga ( KK ).

Plt Kadis Sosial Kabupaten Dairi Gema Sihite kepada Warta Viral saat di temui di ruangannya Senin (06/07/2020) mengatakan , adapun penyebab keterlambatan pencairan adalah karena Pemerintah Daerah melalui Dinas Dosial Kabupaten Dairi sedang melakukan pendataan ulang terhadap penerima manfaat.

Dikatakan Gema ,Tujuan pendataan yang di lakuan oleh dinas sosial bertujuan untuk meminimalisir terjadinya tumpang tindih penerima manfaat dan pendataan ulang. Ini di lakukan bukan karena tanpa sebab karena baru-baru ini pihaknya menemukan adanya masyarakat penerima manfaat yang menerima double alias ganda .

“Betul sekali., saat ini kita melakukan pendataan administrasi terhadap masyarakat supaya tidak terjadi tumpang tindih, nanti kalau sudah beres baru di lakukan pencairan tahap dua ,kita sekaligus juga untuk mendata masyarakat yang belum mendapat bantuan ” jelas Gema

Sementara itu masih pada hari yang sama di tempat terpisah , Camat Kecamatan Siempatnempu Hulu Iis Hamidah Ujung mengatakan, saat ini dia juga sedang melakukan pendataan terhadap masyarakat di wilayah kerjanya .

Iis mengatakan yang menjadi sasaran utamanya adalah masyarakat yang belum mendapat bantuan hal ini di lakukan olehnya karena ini adalah tuntutan kewajiban sebagai wujud tanggung jawab moral dirinya mengingat saat ini seluruh lapisan masyarakat khususnya masyarakat kabupaten Dairi tengah merasakan tantangan global efek dari wabah virus Corona , untuk itu Iis mengaku dalam melakukan pendataan dia selalu berupaya semaksimal mungkin agar tidak ada masyarakat yang terlewatkan sehingga masyarakat penerima manfaat dapat tercover.

“Kita semua tengah merasakan dampak yang di timbulkan virus Corona, seluruh lapisan masyarakat semuanya terdampak termasuk juga saya terdampak, tapi dalam hal ini kita mengutamakan yang layak untuk di berikan bantuan maka itu kita harus benar-benar selektif dalam melakukan pendataan dan kita bekerja sama dengan para kepala desa , semua itu kita lakukan bagaimana caranya supaya sasaran itu benar-benar tepat sasaran ” tutupnya. (Kristoni)

TIDAK ADA KOMENTAR

Comments are closed.