Kolang Kaling Produksi Bumdes Desa Bintang Tembus Mancanegara

Kolang Kaling Produksi Bumdes Desa Bintang Tembus Mancanegara

879
0
BERBAGI

Dairi, (Warta Viral) – Di tengah masyarakat sedang mengalami tekanan sosial akibat dampak yang di timbulkan oleh pandemik virus corona, Bumdes Desa Bintang, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi berhasil menciptakan usaha terobosan baru yang mampu menerobos mancanegara.

Awalnya hanya dengan berbekal modal seadanya serta di barengi dengan tekad dan rasa percaya diri serta dukungan dari kepala desa setempat pengurus Bumdes mulai menjalankan produksi Kolang Kaling sebuah jenis usaha baru yang masih tergolong langka di Kabupaten Dairi dan hasilnya pun memuaskan karena berhasil menarik perhatian pengusaha di luar kabupaten Dairi hingga negara Jiran Malaysia.

“Baru-baru ini kita pernah mengirimkan Kolang Kaling kurang lebih dua ton ke negara Malasya, barang yang kita kirim itu jenisnya super , selain ke Malasya kita juga mengirim barang ke Medan dan Tangerang juga Simalungun ” ujar Ketua Bumdes Desa Bintang Ganda Sihite kepada Warta Viral, Rabu (01/07/2020).

Diceritakan oleh Ganda, Bumdes Desa Bintang memiliki anggaran sebesar 25 juta, anggaran tersebut bersumber dari dana desa, namun anggaran yang telah di peruntukkan tersebut tak kunjung cair karena terbentur oleh pandemik virus Corona , meskipun demikian akhirnya produksi Kolang Kaling di Desa Bintang dapat berjalan juga .

Usaha bumdes ini berjalan dari bulan February lalu menggunakan modal pribadi dan dalam menjakan usaha bumdes ini Ganda melibatkan anggota Karang Taruna dan masyarakat setempat, sebut Ganda.

Saat ini kata Ganda, Bumdes tengah mempersiakan orderan untuk PT Purnindo Persada milik salah seorang pengusaha yang berasal dari Tangerang terkait itu dirinya berencana memperluas jaringan pemasaran dengan berupaya mempersiapkan buah Kolang Kaling untuk di produksi.
Dikatakannya untuk memenuhi kebutuhan pasar dirinya berencana menambah dapur masak karena Bumdes hanya memiliki 2 dapur masak untuk meningkatkan produksi katanya dia mebutuhkan 8 dapur masak.

“Target kita dalam satu minggu harus bisa produki sebanyak 2 ton , pekerja kita ada 20 orang masing masing itu punya tugas mulai dari memasak, tukang angkut , upah masaknya lima belas ribu per satu drum sedangkan upah mengupas kita kasih seribu rupiah per satu kilo, selain pekerja kita melibatkan masyarakat untuk mengupas buah ” jelas Ganda.

Untuk memenuhi harapannya tersebut, Desa Bintang sebagai penghasil buah Kolang Kaling terbanyak di Kabupaten Dairi, maka dia berharap sekali kepada pemerintah untuk memberikan skala prioritas agar buah kolang Kaling keluaran Desa Bintang cukup hanya di produksi di desa Bintang saja dan tidak di perbolehkan keluar agar produksi Kolang Kaling di Desa Bintang dapat di tingkatkan sehingga mampu bersaing dengan daerah lain.

“Jika Bumdes kita makin maju secara otomatis kan dapat mengurangi pengangguran..?” sergahnya.

Disamping itu juga kata Ganda usaha kolang Kaling Bumdes dapat berjalan tidak terlepas dari campur tangan dari kepala desa Bintang Aladin Sinaga yang selalu memberikan dukungan ” Bapak kepala desa sangat respon dan sangat mendukung sekali ” katanya. (kristoni)

TIDAK ADA KOMENTAR

Comments are closed.