Sudah Saatnya Provinsi Tapanuli Segera Dibentuk

Sudah Saatnya Provinsi Tapanuli Segera Dibentuk

217
0
BERBAGI

Oleh : Rekson H. Pasaribu, (Pemred Warta Viral)

Berbagai kalangan masyarakat terus mengusulkan pembentukan Provinsi Tapanuli agar segera dilakukan.

Kita rindu memandang tanah batak kelak seindah pariwisata luar negeri yang indah, permai nan damai. Kita tetap optimis

“Saya berharap Provinsi Tapanuli segera dibentuk. Dengan semangat sosial, budaya dan nasionalisme menjadi bagian wilayah Indonesia yang lebih indah dengan pariwisata yang menawan dan mengagumkan jika pemekaran ini terwujud,” ujar Rekson H Pasaribu dalam tulisannya.

Orang Aceh sudah punya provinsi sendiri, orang Padang juga sudah punya, orang Papua, orang Jawa, Orang Maluku dll masing-masing sudah punya Provinsi sendiri. Tinggal Tanah Batak, harus ada Provinsi sendiri. Tetap semangat saudara-saudaraku.

Rakyat menanti Provinsi Tapanuli atau Protap segera menetas. Samangat itu dituangkan dalam lagu Batak berjudul ‘Provinsi Tapanuli’ dengan sepenggal lirik “Uli Tapanuli, molo jadi provinsi”. Lagu di era 80-an itu, mampu membangun semangat mendorong pendirian Provinsi Tapanuli kala itu.

Namun, cita-cita masyarakat Tapanuli tidak seberuntung masyarakat di Provinsi Banten dengan ibu kota Serang, hasil pemekaran dari Jawa Barat, Kepulauan Bangka Belitung dengan ibu kota Pangkal Pinang, hasil pemekaran dari Sumatera Selatan, dan Gorontalo dengan ibu kota Gorontalo, hasil pemekaran dari Sulawesi Utara.
Keberuntungan lain dari provinsi mutiara hitam, pada tahun 2001 berdasarkan UU No 45/1999 dan UU No 5/2000, Irian Jaya dimekarkan menjadi tiga provinsi yakni Irian Jaya dengan ibu kota Jayapura sebagai provinsi induk, Irian Jaya Tengah dengan ibu kota Timika, dan Irian Jaya Barat dengan ibu kota di Manokwari.

Sejauh ini semangat pemekaran Provinsi Tapanuli tetap dikobarkan, melalui sumbangsih seluruh elemen masyarakat, baik pemikiran, tenaga dan penggalangan dana. Tentu saja, itu merupakan kekuatan baru dalam menyongsong dan mendorong lahirnya Provinsi Tapanuli.

Lima kabupaten di Sumatra Utara diyakini telah memiliki persiapan yang matang terkait rencana pembentukan Provinsi Tapanuli. “Moratorium pembentukan Provinsi Tapanuli belum dicabut sampai sekarang. Artinya persetujuan perjuangan masyarakat terkait pembentukan tersebut berhenti sementara.

Sedangkan DPRD tingkat kabupaten/kota dan provinsi sudah setuju,” kata Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan di Tarutung,.

Lima kabupaten itu ialah Tapanuli Utara, Toba Samosir, Samosir, Humbang Hasundutan, dan Tapanuli Tengah. Dirinya berharap kabupaten lain di daerah Tapanuli raya bergabung di Provinsi Tapanuli. Adapun kelayakan menjadi sebuah provinsi, menurut dia, sudah memadai. Seperti, infrastruktur bandara internasional dan rumah sakit layanan umum sudah tersedia.

Warga mendambakan pembentukan provinsi sendiri karena akan berdampak kepada laju pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah Tapanuli Raya. (**)

TIDAK ADA KOMENTAR

Comments are closed.