Pengunjung Pasar Sidikalang Membandel Tidak Pakai Masker

Pengunjung Pasar Sidikalang Membandel Tidak Pakai Masker

273
0
BERBAGI

Dairi, (Warta Viral) – Menjelang penerapan New Normal di Kabupaten Dairi, Pemerintah mulai memperketat protokol kesehatan di pusat-pusat keramaian yang ada di Kabupaten Dairi terutama di pusat pasar .

Bahkan tak jarang para pengunjung pasar acap kali tidak di perbolehkan masuk oleh petugas karena tidak menggunakan masker sesuai dengan protokol kesehatan yang telah di terapkan di pusat pasar.

Namun sayang di tengah upaya keras pemerintah ini masih saja ada masyarakat pengunjung pasar yang membandel enggan memakai masker seperti yang terjadi di pusat pasar Sidikalang baru-baru ini.

Pantauan Warta Viral, pada hari Sabtu (20/06/2020) terlihat di pintu masuk jalan pekan jelas masih saja ada pengunjung pasar yang telah dak menggunakan masker meskipun pemerintah telah mengadakan sosialisasi berupa pemasangan spanduk-spanduk upaya pencegahan covid-19 di tiap-tiap pintu masuk pasar.

Kabag Perekonomian Kabupaten Dairi, Lipinus Sembiring mengatakan pemerintah daerah selalu berupaya memberikan penjelasan untuk menggugah kesadaran pengunjung pasar maupun para pedagang , Bahkan sudah membuat tindakan tegas berupa pelarangan masuk bagi pengunjung yang tidak mengenakan masker .

“Tetapi tingkat kesadaran dari pengunjung maupun pedagang pasar sudah mulai meningkat , mereka mengeluh karena belum terbiasa memakai masker,” ujar Sembiring santai kepada wartawan saat di tanya perihal masih adanya masyarakat pengunjung pasar yang tidak pakai masker.

Menurut Sembiring, dalam menerapkan protokol kesehatan di pusat pasar Pemkab Dairi bekerja sama dengan anggota TNI dan POLRI serta melibatkan unsur-unsur OPD-OPD serta BUMD PDAM dan PD Pasar.

“Kita selalu memberikan himbauan agar para pengunjung maupun pedagang supaya memakai masker, sebelum masuk suhu tubuh kita periksa dulu bilamana ada pengunjung yang subu tubuhnya 37,5 langsung kita rekomendasikan kepada petugas kesehatan, bagi mereka yang tidak mengunakan masker tidak di ijinkan masuk” jelasnya.

Kata Sembiring, penjagaan di pusat pasar Sidikalang telah berlangsung selama 3 Minggu setiap pintu masuk pasar di jaga oleh petugas , di pusat pasar Sidikalang disebutkannya ,terdapat 19 masuk diantaranya terdapat 3 pintu utama yang selalu di jaga ketat oleh petugas .

Selain pusat pasar Sidikalang penjagaan juga di berlakukan di seluruh pasar besar yang ada di kabupaten Dairi, sebut Sembiring.

Hal senada juga disampaikan oleh salah seorang anggota Babinsa Kecamatan Sidikalang Kota, ” Setiap pengunjung yang tidak memakai masker tidak di perbolehkan masuk , kalau tidak punya masker kita suruh beli dulu baru boleh masuk, kalau tidak pakai masker tidak boleh masuk, ” katanya saat di temui di salah satu pintu utama pasar Sidikalang.
Sementara itu salah seorang pedagang yang enggan di sebut namanya mengaku dirinya lupa menggunakan masker ” maaf pak saya lupa” ujarnya sambil mengambil masker dari dalam tasnya dan kemudian memakainya kembali. (Kristoni)

TIDAK ADA KOMENTAR

Comments are closed.