Selamat Jalan Ibu Negara, Jasamu Luar Biasa Buat Bangsa Ini

Selamat Jalan Ibu Negara, Jasamu Luar Biasa Buat Bangsa Ini

187
0
BERBAGI

Jakarta, (WV) – Hj. Kristiani Herrawati, atau lebih dikenal dengan nama Ani Yudhoyono, istri dari Presiden Indonesia keenam, H. Susilo Bambang Yudhoyono meninggal di RS NUH Singapura, pada Sabtu (1/6/2019) siang.

Ani meninggal sekira pukul 11.50 waktu Singapura. Jenazah dimandikan hari ini dan disemayamkan di Kedutaan Besar RI di Singapura serta diterbangkan ke Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, malam ini.

Jenazah Ani akan diberangkatkan dari Singapura menuju Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. Diperkirakan jenazah Ani Yudhoyono akan tiba di Indonesia pada pukul 20.30 WIB.

Presiden Joko WIdodo melalui Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan pihaknya langsung mengirim tim keprotokoleran ke Singapura setelah mendapat kabar Ani Yudhoyono meninggal dunia.

“Kami langsung melakukan hal teknis, terutama kami sudah mengirim tim keprotokoleran selain dokter kepresidenan,” kata Pratikno di Istana Kepresidenan Bogor.

Pratikno menyatakan pemerintah juga sudah menyiapkan pesawat untuk menjemput jenazah putri mantan Panglima RPKAD Letnan Jenderal (Purn) Sarwo Edhie Wibowo. Pesawat tersebut akan berangkat sore ini ke Singapura.

“Kami sudah menyiapkan pesawat. Sore ini pesawat akan berangkat ke Singapura,” ujarnya.

Ani Yudhoyono akan dimakamkan di Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan.

Kabar pemakaman dibenarkan Kasubdit Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Utama Kalibata, Iri Sapria. “Iya Ibu dimakamkan di Kalibata, ujarnya.

BIOGRAFI ANI YUDHOYONO

Kristiani Herrawati Susilo Bambang Yudhoyono atau lebih dikenal dengan namaAni Bambang Yudhoyono terlahir di Jogjakarta pada tanggal 6 Juli 1952 sebagai anak ketiga dari tujuh bersaudara dari pasangan Jenderal Sarwo Edhie Wibowo dan Ny. Sunarti Sri Hadiyah.

Ibu Ani menikah dengan Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 30 Juli 1976 dan hidup dalam 3 generasi kemiliteran yaitu: ayahnya, Jenderal Sarwo Edhie Wibowo, suami tercintanya, Dr. H. Susilo Bambang Yodhoyono, dan putra tertuanya , Kapten Inf. Agus Harimurti Yudhoyono.

Ibu Ani adalah ibu dari dua orang putra. Putra tertuanya, Agus Harimurti Yudhoyono lahir di Bandung, pada tanggal 10 Agustus 1978. Menikah dengan Annisa Larasati Pohan pada tanggal 9 Juli 2005 dan mempunyai seorang putri bernama Almira Tunggadewi Yudhoyono.

Putra keduanya Edhie Baskoro Yudhoyono lahir di Bandung, pada tanggal 24 November 1980. Edhie Baskoro lulus sebagai Sarjana Perniagaan dari Universitas Teknologi Curtin, Perth Australia Barat dan juga mempunyai gelar Master in International Political Economic dari Nanyang University di Singapura.

Dalam mendidik anaknya, Ani menerapkan kehidupan yang Islami, yaitu bekerja keras, disiplin dan jujur dengan semboyan “Manusia boleh merencanakan, tapi Tuhanlah yang menentukan”.

Ibu Ani adalah seorang mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (UKI) sebagaimana cita-citanya ingin menjadi seorang dokter. Dia terpaksa meninggalkan bangku kuliah karena harus mengikuti ayahnya yang bertugas sebagai Duta Besar RI di Korea Selatan.

Keinginannya untuk menimba ilmu tidak berhenti begitu saja sehingga ketika mendampingi suaminya studi di Amerika, Ibu Ani melanjutkan kuliah dan tahun 1998 Ibu Ani lulus dari Fakultas Ilmu Politik Universitas Terbuka (UT). Ibu Ani fasih berbicara, menulis, dan membaca dalam bahasa Inggris serta memahami bahasa Korea secara pasif.

Ibu Ani adalah seorang wanita yang cerdas dan menarik. Senyumnya yang manis memancarkan ketulusan dan kebaikan hatinya. Dia pernah bergabung dengan Partai Demokrat sebagai Wakil Ketua dan berperan aktif pada saat kampanye Legislatif serta kampanye Pilpres untuk mendukung suaminya sebagai salah seorang kandidat Calon Presiden pada Pemilu 2004 lalu. (Rekson Hermanto)

TIDAK ADA KOMENTAR

Comments are closed.